Hasil Tani Banjar Siap Masuki Pasar Modern

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura ,InfoPublik – Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 dan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-69, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar mengadakan kegiatan Pasar Tani.
Kegiatan pasar tani tersebut langsung dibuka Bupati Banjar, H Khalilurrahman, pada saat pelepasan jalan santai bertempat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun alun Ratu Zalecha, Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu (4/7/2019) pagi.
Bupati H. Khalilurrahman mengatakan pelaksanaan pasar tani diharapkan bisa bermanfaat dan meningkatkan kualitas hidup petani dan keluarga, melalui penguatan dan pemberdayaan petani.”Petani dapat menjual produk dengan keuntungan lebih baik, sedangkan konsumen bisa mendapatkan harga murah,”ujarnya.
Ia berharap, pola usaha tani, yang dahulu tanam, petik, jual menjadi tanam, petik, olah, dan jual serta menjadikan warga petani berjiwa agrobisnis, mengedepankan mutu dan efesiensi dalam pengembangan jaringan pemasaran.
Semantara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar, H Muhammad Fachry menjelaskan, kegiatan pasar tani dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 dan hari jadi Kabupaten Banjar ke-69.
“Kegiatan pasar tani sebagai wujud keberhasilan usahatani khususnya di Kabupaten Banjar, karena kita ingin mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Banjar dengan mensejahterakan para petani. Tidak hanya produksi tapi sudah dibuktikan bahwa agrobisnis dan agroindustri di Kabupaten Banjar sudah mengedepankan mutu dan efesiensi dalam pengembangan jaringan pemasaran,”ujar Fachry
Semua komoditas, menurutnya, dipasarkan pada pasar tani dari beras, sayuran, sampai jamur serta hasil produksi olahan kelompok-kelompok tani dari minuman jamu, keripik, dan olahan jamur.
Dengan pelaksanaan pasar tani ini bertujuan untuk memberdayakan petani sabagai produsen agar merubah pola usaha yang dulu hanya tanam-petik-jual menjadi tanam-petik-olah dan jual. Agar supaya mendapatkan keuntungan dengan pola yang baru.
Ia juga menginginkan mendekatkan produsen komuditas Tanaman Pangan dan Hortikultura yang segar mereka langsung bisa menjual kepada pembeli dengan kualitas terbaik, “kami juga memprogramkan nanti usaha-usaha tani dapat secara langsung memasok ke pasar-pasar modern,”katanya.
Sebelumnya juga Bupati Banjar, H Khalilurrahman berkeliling mengujungi stand usaha para petani didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah, bersama Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar, H Muhammad Fachry, dan Kepala Satpol PP Banjar, H Ali Hanafiah. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Rzq/Man/Dessy/YR)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...