HUT PPNI ke-45 Serahkan Inovasi Teknologi Tepat Guna

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura,InfoPublik – Beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Banjar yang Ke-45 Tahun 2019, di Desa Bincau Muara, Kecamatan Martapura Kota, Selasa (2/4/2019).
Diantara kegiatannya yaitu aksi pembongkaran Jamban,yang diganti menggunakan teknologi tepat guna Tripikon-S, pemeriksaan kesehatan serta sunatan massal yang dihadiri langsung Bupati Banjar H Khalilurrahman.
Bupati Banjar H Khalilurrahman menyampaikan Kegiatan dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) merupakan suatu hal yang sangat membanggakan.
“Kegiatan hari ini suatu hal yang sangat membanggakan, karena ikut membantu Pemerintah Kabupaten Banjar dalam upaya memberikan pelayanan dan meningkatkan derajat kesehatan, terutama melalui aksi Perobohan Jamban di bantaran sungai yang diganti menggunakan teknologi tepat guna Tripikon-S, ini tentu menjadi salah satu Program Pemerintah dalam penghapusan Jamban yang berada di Bantaran sungai di Kabupaten Banjar.” ucapanya.
Komitmen untuk meningkatkan pembangunan kesehatan melalui perluasan jangkauan pelayanan kesehatan kepada segenap lapisan masyarakat tanpa kecuali, merupakan salah satu prioritas utama Pembangunan yang menjadi visi Pemerintah Kabupaten Banjar.
“Saya berharap, semoga kedepannya, kegiatan aksi dan bakti sosial ini dapat menjadi contoh bagi organisasi-organisasi profesi lainnya, dan dapat dilaksanakan kembali secara berkesinambungan,” ucap Bupati Banjar, H Khalilurrahman.
Ia juga berpesan pada HUT PPNI Ke-45 kepada semua perawat yang bertugas di Kabupaten Banjar, baik dipedesaan maupun diperkotaan untuk tetap memberikan pelayanan terbaiknya, jangan pernah pilih kasih membedakan-bedakan anatar yang kaya dan yang miskin, layani dengan penuh senyuman, dan paling utama untuk selalu bekerja dengan ikhlas.
Sementara itu, Ketua DPD PPNI Kabupaten Banjar, Raziansyah menyampaiakan, Tripikon-S yang merupakan inovasi teknologi tepat guna tersebut merupakan pilot project yang cocok digunakan pada perumahan di daerah perairan dan rumah apung.
“Tripikon-S adalah instalasi pengolahan feses atau tinja yang dapat digunakan pada daerah berair, pinggir sungai dan sebagainya, memiliki fungsi yang sama dengan Septick Tank, perbedaannya hanya pada desain dan pembuatannya.
Ia menjelaskan bagian atas dari pipa sedang, merupakan tempat terjadinya proses aerobic, bagian tengah, merupakan lintasan dan bagian bawah merupakan tempat terjadinya proses anaerobic,
“Selama melintas di pipa tengah, limbah akan terurai menjadi gas, air,dan lumpur mineral. Sehingga akan menurunkan Biochemical Oxygen Deman (BOD) 75% sehingga limbah yg dikeluarkan aman untuk lingkungan,” jelasnya.
Ketua DPD PPNI Kabupaten Banjar Raziansyah berharap inovasi teknologi tepat guna tersebut bisa jadi percontohan desa lain, seperti yang sudah dikembangkan pada daerah Yogyakarta dan berharap PPNI terus memberikan andilnya dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Pada rangkaian acara tersebut Bupati Banjar H Khalilurrahman juga secara simbolis melakukan perobohan jamban sekaligus penyerahan Tripikon-S yang didampingi Ketua DPD PPNI Kabupaten Banjar Raziansyah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikhwansyah, Camat Martapura Kota Achmad Zunaidi, serta Kepala UPT Puskesmas Martapura 1 Siti Nurmah Megawati. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Ags/Rzq/Prs)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...