IBADAH QURBAN JUGA SEBAGAI AJANG BERBAGI KEBAHAGIAAN BERSAMA ORANG-ORANG YANG MEMBUTUHKAN

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

MARTAPURA – Seorang hamba sudah selayaknya bersikap syukur atas segala nikmat yang ia peroleh. Nikmat sesungguhnya bukanlah dilihat berdasarkan materi semata. Barometer nikmat pun bukan hanya terletak dari banyaknya penghasilan yang kita peroleh. Karena tipologi nikmat mencakup beberapa lini kehidupan. Nikmat itu dapat berupa nikmat iman, nikmat sehat, nikmat ilmu, nikmat hidup, nikmat keamanan, nikmat kedamaian, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah dengan perwujudan nikmat yang kian beragam tersebut, kita sangat dianjurkan untuk bersyukur atas apa yang melekat pada diri kita. Pantaslah kiranya jika Allah swt mengulang beberapa kali firman-Nya dalam surat ar-Rahman dengan bentuk pertanyaan yaitu “maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kamu dustakan?”.

Sikap syukur yang diimplementasikan dalam rona kehidupan sehari-hari, nyatanya akan mendapat “reward” atau “bonus” dari Allah berupa tambahan nikmat yang banyak. Namun kondisi itu berbalik jika hamba tersebut mengingkari nikmat Tuhannya, yaitu berupa adzab yang pedih. Bentuk kesyukuran seseorang sesungguhnya sangat bervariasi. Hal ini dapat dilakukan misalnya dengan tidak banyak mengeluh akan apa yang sudah kita dapatkan, atau mengisi kehidupan sebagai bagian dari nikmat dengan melakukan hal-hal positif, meski sifat alamiah manusia tetap memiliki resistensi untuk melakukan perbuatan negatif.

Sebagai  bentuk dari kesyukuran itu adalah dengan berkurban, seperti yang dilaksanakan  Rabu (14/09), di Mushola Al-Adli yang secara simbolis dilakukan penyembelihan pertama hewan qurban oleh Bupati Banjar H. Khalilurrahman, menandai pelaksanaan Ibadah Qurban yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar pada peringatan Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah.

Kegiatan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di belakang Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar yang tepatnya di halaman Musholla Al Adli Rabu (14/9) kemarin, turut dihadiri dan disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H Nasrunsyah, Asisten Bidang Pemerintahan Hary Supriadi, Asisten Bidang Ekonomi dan Kesra H Masruri, Asisten Bidang Administrasi Umum H Wildan Amin, serta beberapa Kepala SKPD dan Kepala Bagian dilingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.

Sebagai pimpinan dilingkup Pemerintah Kabupaten Banjar Bupati Banjar H Khalilurrahman memanjatkan puji syukur dan menyambut baik pelaksanaan Ibadah Qurban yang dilaksanakan oleh jajaran dilingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur kita masih dipanjangkan umur dan kembali dapat melaksanakan Ibadah Qur’ban, yang mana merupakan anjuran agama Islam terhadap setiap umat muslim diseluruh dunia guna memperingati Hari Raya Idul Adha”, ungkap Bupati Banjar.

H Khalilurrahman dalam sambutannya pada pelaksanakan Ibadah Qurban dilingkungan Pemkab Banjar tersebut menjelaskan bahwa, melaksanakan Ibadah Qur’ban merupakan bentuk ketaqwaan seorang umat muslim kepada Allah SWT yang patuh atas perintahnya dan tunduk akan kebesarannya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama Kabupaten Banjar ini juga memaknai bahwa selain sebagai bentuk ibadah dan rasa syukur, ibadah qurban juga sebagai ajang berbagi kebahagiaan bersama orang-orang yang membutuhkan.

“Selain sebagai bentuk ketaqwaan kita kepada Allah SWT, ibadah qurban juga sebagai ajang berbagi kebahagiaan bersama orang-orang yang membutuhkan”, Terang H. Khalilurrahman. (ADB/Humas)

 

Source:: BAPPEDA

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X