INOVASI OLAHAN Massage Oil BERBAHAN REMPAH JAKEN (JAHE & KENCUR)

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kamis, 11 Juli 2019 Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar Melalui Bidang Teknologi Pertanian, Pengolahan, dan Pemasaran menggelar pelatihan pengolahan hasil tanaman rempah jahe dan kencur bertempat di kantor Balai Penyuluh Pertanian Desa Rantau Nangka Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar. Acara tersebut di hadiri Kabid Teknologi Pertanian, Pengolahan, dan Pemasaran Dinas TPH Kab.Banjar, Kasi Pembinaan Mutu Pengolahan, dan Pemasaran Dinas TPH Kab. Banjar, Kepala BPP Sungai Pinang, Mantri Tani Sungai Pinang dan puluhan warga yang mengikuti pelatihan.

Narasumber Pelatihan ini adalah ibu Nana Faridah, SP merupakan tenaga ahli yang bersertifikat dan  telah melanglang buana sampai ke negeri jiran Malaysia yang ada di Martapura. Pelatihan kali ini di ikuti oleh 25 orang peserta yang diambil dari 5 perwakilan desa yang ada di Kecamatan Sungai Pinang meliputi Desa Rantau Nangka, Sumber Baru, Sumber Harapan, Kahelaan, dan Belimbing Lama.

Kecamatan Sungai Pinang memiliki luas wilayah 484.40 km, yang menjadikan Kecamatan ini terluas di Kabupaten Banjar. Potensi utama pada sektor pertambangan batu bara serta pertambangan mineral berupa biji besi, mangan, galina, platina, intan dan emas. Pada sektor perkebunan merupakan sektor yang berpotensi untuk dikembangkan di kecamatan ini terutama karet, selain sektor pertambangan dan perkebunan kecamatan ini juga berpotensi untuk mengembangkan tanaman biofarmaka seperti jahe, kencur, dan kunyit.

Pelatihan ini merupakan rangkaian dari bagian kegiatan pelatihan peningkatan pemasaran hasil produksi pertanian/perkebunan ujar Ida Fitriani, SP dan beserta keempat Stafnya Selaku Kasi Pembinaan Mutu, Pengolahan, dan Pemasaran Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura  Kabupaten Banjar.

Acara pelatihan Inovasi Olahan Massage Oil Berbahan Rempah Jaken (Jahe & Kencur) ini dibuka oleh Kabid Teknologi Pertanian, Pengolahan, dan Pemasaran Ir. Hj. Candra Dewi. Dalam Sambutannya beliau mengatakan tujuan dari pelatihan ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan nilai jual hasil Tanaman Rempah khususnya Jahe dan Kencur yang ada di Kecamatan Sungai Pinang yaitu salalh satu dengan cara mengolah salah satu jenis rempah tersebut menjadi Massage Oil atau yang biasa dikenal dengan minyak urut maupun minyak gosok yang biasanya digunakan untuk keperluan pijit, ataupun SPA yang memiliki prospek bagus untuk dikembangkan menjadi produk unggulan dari desa penghasil rempah tersebut.

Wonten salah satu warga yang mengikuti pelatihan pengolahan Massage Oil berbahan rempah mengucapkan banyk terimakasih kepada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar atas pelatihan yang diberikan kepada kami warga yang yang ada di Kecamatan Sungai Pinang, semoga dengan adanya pelatihan ini kami dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama pelatihan ini menjadikan peluang usaha yang menjajikan dikemudian hari. (Ida/Edy-Teknologi)

Source:: DTPH

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...