Jalan dan Gang Sempit Dipenuhi Jamaah Haul Syekh KH Kasyful Anwar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Antusias warga untuk mengikuti pelaksanaan Haul Syekh KH Kasyful Anwar ke-80 salah seorang ulama besar di Martapura Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan sangatlah besar. Jamaah tak hanya memenuhi Langgar Raudhatul Anwar Desa Kampung Melayu, Kecamatan Martapura Timur, namun juga meluber hingga ke jalan dan gang-gang sempit, Minggu (1/7) pagi.
Turut juga hadir Bupati Banjar KH Khlalilurrahman, Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Ketua DPRD Banjar H Rusli, di antara puluhan ribu jamaah.
KH Khalilurrahman mengatakan haul ini sebagai wujud mahabbah kepada ulama sekaligus mengenang dan meneladani kepada ulama seperti Syekh KH kasyful Anwar yang sarat menjunjung tinggi nilai-nilai Islam.
“Beliau mendedikasikan hidupnya untuk agama. Ayah saya menceritakan, bahwa beliau memang berdakwah dengan amwalukum wa amfusikum atau dengan harta dan raga beliau,” jelas bupati yang kerap disapa Guru Khalil ini.
Syekh KH kasyful Anwar seperti diketahui adalah pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Martapura periode ketiga, setelah KH Hasan Ahmad dari tahun 1922 hingga 1940. Di tangan beliau, sejumlah pembaharuan dilakukan dalam rangka meningkatkan pendidikan pesantren sehingga perembangan PPD sangat melesat. Beliau wafat malam Senin 18 Syawal 1359 Hijriah atau 17 November 1940 Masehi.
Sudah sepatutnya, lanjut Guru Khalil, bagi warga di Kabupaten Banjar bersyukur karena perkembangan agama saat ini tidak lepas dari beliau. “Mari kita jaga, dan panuti khususnya warisan beliau yang sangat berharga yaitu Pondok Pesantren Darussalam,” kata Bupati.
Apa yang dilakukan beliau dulu, tambah Bupati, menjadi insfirasi dan panutan untuk menghadapi tantangan kehidupan saat ini. Guru Khlalil pun memberikan pesan secara khusus kepada santri Darussalam agar bisa menjadi manusia yang bermanfaat untuk bangsa dan negara.
“Saya berharap, bekal dari Ponpes Darussalam menghasilkan sdm yang berakhlak, santun, berkualitas, berperan aktif, mengabdi untuk kemajuan bangsa dan negara,” harap bupati.
Bupati pun memberikan pesan kepada santri agar mempunyai kemandirian. “Jangan takut belajar jauh dari kampung halaman dan jangan takut dengan permasalahan rezeki,” harap Pimpinan Ponpes Darussalam periode 2007-2015 ini.
Usai sambutan Bupati Banjar, acara dilanjutkan pembacaan manakib Syekh KH Kasyful Anwar oleh KH Munawwir Kamil, dan ceramah agama oleh KH Kamal dari Jakarta. Acara sendiri dimulai sejak pukul 08.00 hingga pukul 11.00 Wita. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/ogb/dani)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X