JELANG PILEG DAN PILPRES KESBANGPOL BANJAR SOSIALISASI FKDM DI KEC. KERTAK HANYAR

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
DSC_0671

Badan Kesbangpol Kab. Banjar melalui bidang Ketahanan Idiologi dan Kewaspadaan Daerah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Kecamatan Kertak Hanyar Tahun 2019 yang di buka oleh Kepala Badan Kesbangpol Banjar Aslam S.Sos,M.AP di hadiri oleh Peserta Sosialisasi di Aula Kecamatan Kertak Hanyar Kamis, 21/03.

Dalam sambutannya Aslam, S.Sos, M.AP menyampaikan sosialisasi FKDM ini merupakan upaya meningkatkan kewaspadaan, memperkuat koordinasi dan keterpaduan antar unsur dan elemen masyarakat, sehingga selalu siap dan tanggap dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang dapat merusak persatuan dan kesatuan di masyarakat.

DSC_0697

Selanjutnya Kaban Kesbangpol mengajak kepada peserta sosialisasi untuk memperkuat deteksi dan kewaspadaan dini dilingkungan sekitar terkait masalah narkoba, kasus LGBT, terorisme, radikalisme dan penyebaran berita HOAX yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Selain itu, menjelang Pileg dan Pilpres nanti semua elemen masyarakat bisa menyikapi situasi politik dengan arif dan bijaksana dan tidak mudah terprovokasi pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab serta menghendaki terjadinya perpecahan dan konflik dimasyarakat. Salah satu langkah Pemerintah Kabupaten Banjar dengan mengoptimalkan tugas dan fungsi FKDM melakukan deteksi dini. Peran FKDM sangat strategis dan efektif sebagai ujung tombak dalam memberikan informasi dan peta konflik di masing-masing wilayah kerjanya termasuk di Kecamatan Kertak Hanyar ini.

Kewaspadaan dini masyarakat adalah kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya berbagai konflik yang dapat muncul di tengah-tengah masyarakat. Tugas  FKDM yaitu mampu menampung, mengkomunikasikan, mengkordinasikan hal-hal yang diangggap mencurigakan dan bisa berdampak pada terjadinya konflik-konflik seperti konflik SARA maupun konflik sosial, yg membuat daerah kita menjadi tidak aman ataupun membuat keributan.

Kegiatan ini berjumlah 60 peserta yang berasal  dari perwakilan tokoh masyarakat dari kecamatan Kertak Hanyar. Pada kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kodim 1006 Martapura yaitu Jumarudin dan Polres Banjar diwakili oleh Ipda Komari S.H. Selain itu, hadir juga perwakilan Kecamatan Kertak Hanyar Siti Baidah, SE, M.AP selaku Kepala Seksi Pemerintahan. (FRA/Kesbangpol)

Source:: KESBANGPOL

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...