KAB BANJAR KEMBALI GELAR KONTES DURIAN DAN BUAH EKSOTIK TAHUN 2020

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Banjar Kembali menggelar kontes durian di Tempat Wisata Danau Tamiyang Desa Mandikapau Barat, Kec. Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (08/01/2020)

Sembari diiringi dengan gema shalawat menyambut kehadiran Bupati Banjar Khalilurrahman yang meninjau langsung tempat digelarnya Kontes Durian, Gelar Buah Eksotik, dan Gelar Olahan Berbahan Durian tahun 2020 kemudian mencicipi  durian dari para peserta kontes.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar guna memotivasi masyarakat petani yang berada disentra produksi buah-buahan sehingga masyarakat dapat terus mengembangkan dan melestarikan buah-buahan unggul lokal.

Bupati mengatakan kontes durian ini tidak mustahil digelar di tingkat nasional. Disebutnya durian-durian yang ada di kontes durian Mandikapau Barat merupakan durian milenial. Beliau juga berharap dengan adanya kontes durian ini akan mendapatkan varietas unggulan yang baru dan dapat didaftakan ke Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian RI.

“Melalui acara Festival Durian inilah akan dapat mengembangkan usaha ekonomi serta dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga masyarakat Kabupaten Banjar,” katanya.

“Kami juga sudah mendaftarkan 10 varietas komoditi durian ke Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian Kementrian Pertanian RI untuk diproses sebagai Varietas Unggul Nasional yaitu : Bamban Birin, Dodol Mascinta, Gading Abirau, Idangan Biih, Hintalu, Panyangat Kuning, Kuning Janar, Gantang 88, Si Kolam dan Si Penganten,” ujarnyanya.

Direktur Buah dan Florikultura Kementrian Pertanian RI Liferdi Lukman mengatakan, kami dari pusat sangat memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan festival ini, berbagai buah dan tanaman disini merupakan asli Indonesia dan Kalimantan terutama di Banjar.

“Saya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Banjar sudah melaksanakan festival durian ini yang merupakan tahun keempat dilaksanakannya kontes, durian ini merupakan asli makanan Indonesia, durian memiliki protein tinggi apabila makan durian menambah semangat karena itu pesan kami dari sekian banyak keunggulan kita duren ini nanti kalau sudah terpilih,” ucapnya.

Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakilkan oleh Staff Ahli Gubernur Bidang Perekonomian dan Pembangunan Faried fakhmansyah dalam sambutannya mengatakan, kita memanfaatkan peluang untuk aneka macam olahan dari daerah kita akan lebih baik.

“Berbagai kandungan kebaikan dari buah lokal Kalimantan Selatan dengan lebih mencintai buah-buahan dari daerah kita untuk melestarikannya, mempertahankan budaya lokal yang kita lihat saat ini masih bisa dilihat oleh anak cucu kita di masa yang akan datang,” tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia Dr Liferdi Lukman beserta rombongan, Ketua DPRD Banjar dan Forkopimda Kabupaten Banjar serta pejabat dan kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar

Adapun Pemenang dari Kontes Durian ini di raih oleh Eldi Afani dari Desa Mandikapau Barat dengan nama durian Si Duri Hitam, selanjutnya Muhammad Fauzan dari Desa Mandikapau Barat dengan Si Satria sebagai juara II dan Sarpani dari Desa Mandikapau Barat dengan durian Si Belek, pemenang dari Kontes Durian ini akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan, plakat, sertifikat dan didaftarkan ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian sebagai Varietas Unggul. (toleedy)

Source:: DTPH

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?