KABUPATEN BANJAR AKAN PERKUAT FUNGSI PENYULUH PERTANIAN DALAM SATU LEMBAGA

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bertempat Di Mahligai Sultan Adam Martapura Kamis, 12 Juli 2018 DPD Perhitani Kab. Banjar menyelenggarakan Seminar dengan mengangkat tema Mengadaptasikan metode penyuluhan pertanian untuk generasi milenial. Dalam arahannya Bupati Banjar KH. Khalilurahman menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada PERHIPTANI DPD Banjar yang telah secara berkala menyelenggarakan seminar bagi penyuluh pertanian sebagai wujud pengembangan Profesi penyuluh Pertanian di Kabupaten Banjar.

Pemerintah Daerah merasa bangga akan kehadiran Prof.Dr.Ir.H. Luthfi, M.Si Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat yang didaulat untuk menjadi narasumber dalam kegiatan seminar ini pemaparan dan sharing dari narasumber diharapkan mampu membuka wawasan petugas penyuluh pertanian tentang mengadaptasikan metode penyuluhan pertanian yang sesuai seiring perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berkembang saat ini.

Dalam kesempatan ini Bupati mengungkapkan harapannya kepada petugas penyuluh pertanian agar tetap Fokus pada tugas dan fungsi penyuluh, mempersiapkan, melaksanakan, mengembangkan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan penyuluhan. Melakukan kunjungan secara teratur dan berkelanjutan kepada kelompok tani diwilayah binaannya serta menumbuhkan kelembagaan petani. Sebagai penyuluh juga dituntut untuk terus meningkatkan kompetensinya seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sehingga mampu berperan sebagai manajer di wilayah binaannya serta yang tak kalah pentingnya adalah Kemampuan penyuluh untuk menjalin jejaring dalam hal kerjasama positif dibidang pertanian dengan Perguruan Tinggi Negeri, Lembaga Penelitian, kemitraan input sarana dan prasarana serta pasar.

Kemudian tentang penguatan fungsi penyuluh pertanian, Bupati Banjar menegaskan akan memperkuat kelembagaannya dalam satu wadah organisasi dengan bentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pelaksana Penyuluhan Pertanian yang bertujuan Menyatukan kembali keberadaan Penyuluh Pertanian dalam satu lembaga, sesuai dengan amanat PERMENTAN dan PERMENDAGRI.

“Semoga dengan terhimpunnya kembali penyuluh pertanian dalam satu atap UPTD Balai Pelaksana Penyuluhan Pertanian dapat mensukseskan pelaksanaan program pembangunan pertanian,dan lebih meningkatkan kinerja penyuluh pertanian sehingga dapat berjalan dengan efektif dan efisien” tandasnya. Diakhir sambutannya Bupati banjar berkenan untuk menyerahkan tali asih berupa santunan dari organisasi PERHIPTANI DPD Kabupaten Banjar sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi dan pengabdiannya kepada lima orang Petugas  Penyuluh Pertanian yang telah purna tugas. (Dwi/ KJF-TPH)

Source:: DTPH

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X