Kabupaten Banjar Luncurkan Gebrak's

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas PUPR menggalakkan program Pembongkaran Jamban Terapung 2019, sekaligus meluncurkan Gerakan Bersama Realisasi Akses Sanitasi (Gebrak’s), di Masjid At Taqwa Pekauman Martapura Timur, Kamis (14/3).
Kegiatan ini dihadiri Bupati Banjar Khalilurrahman, Kapolres Banjar, AKBP Takdir Matanette, Kajari Banjar Muji Martopo, Kasdim 1006 Martapura, Kepala SKPD Pemkab Banjar, para camat, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat.
“Kebijakan ini juga untuk mendukung program nasional universal access 100 persen layanan air minum, nol persen kumuh, dan 100 persen layanan sanitasi,” kata bupati.
Selain itu menurutnya, upaya meningkatkan layanan sanitasi tidaklah mudah, karena banyak faktor atau kendala yang dapat menghambat, seperti kondisi kebiasaan atau perilaku masyarakat, kurangnya kesadaran, ekonomi lemah, lahan yang terbatas, konstruksi septic tank di tanah rawa dan berair dan besarnya pendanaan
Meski demikian dia yakin, dengan kerja keras dan kebersamaan segenap komponen jajaran Pemerintah dan masyarakat, serta elemen pemangku kepentingan di Kabupaten Banjar, maka kendala-kendala tersebut dapat diatasi sehingga upaya meningkatkan layanan sanitasi itu dapat dicapai.
“Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dengan Pemkab Banjar dalam pembangunan WC dan Septictank di permukiman bantaran sungai, sehingga masyarakat tidak perlu menggunakan jamban terapung. Semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut,” ujarnya.
Dia juga meminta warga penerima bangunan WC dan Septictank untuk dapat memanfaatkan dan memelihara sesuai arahan cara penggunaan dan perawatannya.
Disebutkan, Pemerintah Kabupaten Banjar bekerja keras meningkatkan layanan sanitasi kepada masyarakat dengan melakukan pengelolaan air limbah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah program sungai bebas jamban, yang terdiri dari pembangunan WC dan septik tank yang standar untuk masyarakat, MCK komunal, tangki septik komunal, dan IPAL Komunal dalam program penghapusan Seribu jamban terapung selama lima tahun (2016-2020).
Gebrak’s atau Gerakan Bersama Realisasi Akses Sanitasi merupakan beberapa paket kebijakan penuntasan layanan air limbah menyeluruh dan berkelanjutan yang disusun melalui pendampingan Tim USDP (Urban Sanitation Developmen Program) Bappenas.
Ditujukan untuk meningkatkan layanan air limbah berupa Sistem Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT) berbiaya murah bagi masyarakat yang bermukim di daerah bantaran sungai, pelibatan BUMDES, Koperasi Pegawai dengan sasaran juga diperlebar kepada ASN di daerah perkotaan.
Untuk keberlanjutan dan percepatan, Pemkab Banjar yang didampingi tim dari USDP Bappenas, juga membuat kebijakan-kebijakan dan terobosan GEBRAK’s, yaitu, Gebrak Penghapusan Jamban Terapung, Gebrak Kewirausahaan Masyarakat di Sektor Air Limbah melalui BUMDes, Gebrak Kredit Layanan Sedot Lumpur Tinja dan Tangki Septik Standar bagi ASN, Gebrak tangki septik standar gratis bagi masyarakat, dan Gebrak Sambungan Gratis IPAL Komunal bagi masyarakat.
(MC-Kominfo-Kab. Banjar/Rzq/Ags/Prs/Man).

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...