Kabupaten Banjar Persiapkan PSBB

Martapura, InfoPublik –Tim Gugus tugas Covid-19 Kabupaten Banjar menggelar Video Conference dengan awak media, Video conference ini rutin setiap harinya dilaksanakan pada Pukul 14.00 WITA di Command Center Barokah Martapura, Rabu (22/4/2020).
Dipimpin oleh Sekretaris Kabupaten Banjar HM Hilman, DANDIM 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto ,Kepala Dinas Kesehatan Dr Diaduddin, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Aidil Basith, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar H Irwan Kumar dan sebagai moderator Kabid Komunikasi Informasi Publik Eddy Elminsyah Jaya.
Update data terbaru Tim Gugus Tugas Tanggap Darurat Kabupaten Banjar pada Rabu, 22/4/2020. Pukul 14.00 WITA jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) 70 orang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 3 orang, Kasus Terkonfirmasi (positif) 5 orang, Kontak Erat Berisko Tinggi 54 orang, Orang Yang Melapor 7 orang, Selesai Pemantauan (aman) 185 orang dan yang sembuh 3 orang dan yang meninggal dunia 1 orang.
Sekda Banjar HM Hilman mengatakan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kota Banjarmasin yang sudah mulai disosialisasikan dan akan diterapkan pada hari Jumat 24/4/2020 bertepatan dengan awal Ramadhan. Namun penerapan PSBB itu tidak akan dapat berjalan secara maksimal tanpa ada dukungan dari daerah yang berbatasan langsung dengan kota Banjarmasin, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala dan Kota Banjarbaru diusulkan untuk mengajukan PSBB kepada Kementerian Kesehatan melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.
“Usulan PSBB di Kabupaten Banjar dilakukan sesuai dengan kondisi dan hasil analisa situasi,dan merupakan upaya memutus mata rantai Covid 19, penerapan PSBB juga sebagai dasar hukum untuk dapat menegakkan disiplin dan keamanan ditengah masyarakat dan untuk melindungi kita semua dari kemungkinan terjadinya penularan Covid-19 dari orang lain. Karena itu kita semuanya bersama untuk memutuskan rantai penularannya.” tutur Sekda Banjar.
Sekda Banjar menambahkan, usulan PSBB di Kabupaten Banjar ini setelah melihat perkembangan Covid-19 di Kalsel, terlebih sudah ditemukan adanya kasus transmisi lokal.
“Untuk Kabupaten Banjar ada enam kecamatan yang akan diprioritaskan, yang mana daerahnya berbatasan langsung dengan kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru yaitu Kecamatan Kertak Hanyar, Sungai Tabuk, Tatah Makmur, Gambut, Martapura Timur dan Martapura, nantinya akan dipersiapkan 6 posko keamanan dan segera dibahas tentang kegiatan apa yang masih dapat dilaksanakan selama pemberlakuan PSBB.” Jelasnya.
Pada kesempatan itu DANDIM 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto menegaskan pihaknya siap membantu secara maksimal setiap kegiatan Gugus Tugas Covid-19 baik yang sedang berjalan maupun yang sedang dipersiapkan.
“Sesuai dengan tugas dan fungsi, kami akan mengerahkan seluruh daya upaya kami untuk pencegahan penularan Covid-19, kami akan mengerahkan personil kami dilapangan untuk bekerjasama dengan Gugus Tugas baik pengamanan, suplai logistik, sosialisasi ke masyarakat dan untuk hal- hal yang kita pandang perlu.” Tegasnya.
Video Conference ditutup dengan penyerahan bantuan 500 lembar masker medis dan hand sanitizer dari Indomaret Peduli oleh Branch Manager Indomaret Kalimantan Selatan Bambang Purwanto kepada Gugus Tugas Covid-19 yang diterima oleh HM Hilman yang didampingi dr. Diauddin. (mcbanjar/agus)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?