Kabupaten Banjar Salurkan Bantuan Sosial Masyarakat Terdampak COVID-19

Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu akibat pandemi covid-19 di halaman Pendopo Bupati Banjar, Martapura, Kamis (23/4/2020).

Bantuan sosial tersebut diserahkan oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman kepada masyarakat non Program Keluarga Harapan (PKH) berupa beras dalam rangka penanganan daerah rawan pangan dan jaring pengaman sosial.

Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan dalam rangka menghadapi covid-19 dan akan diberlakukannya PSBB dibeberapa daerah di Kalimantan Selatan, salah satu yang harus dikuatkan yaitu Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD).

“Sebagaimana regulasi, Pemerintah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota wajib memilki Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di masing-masing tingkatan,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan telah melaksanakan kerjasama penitipan beras dengan Perum Bulog pada tahun 2019 sebesar 5.470 Kg beras dan pada tahun 2020 sebesar 12.091 Kg.

“Pada tahun 2020 ini Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan menyalurkan bantuan logistik CBP berdampingan dengan Dinas Peternakan dan Perkebunan yang memberikan bantuan berupa telur kepada masyarakat, khususnya Martapura Kota yang warganya benar-benar terdampak secara ekonomi,” ungkap Bupati Banjar.

Guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar tersebut berpesan kepada camat, lurah dan pembakal untuk segera laksanakan verifikasi dan validasi sesuai aturan yang berlaku, serta membantu distribusikan bantuan pangan tersebut segera dan tepat sasaran.

“Amankan pola distribusi pangan ini pada sasaran untuk tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan masyarakat banyak. Semoga adanya bantuan logistik ini dapat mengurangi keresahan masyarakat akan kebutuhan pangan,” harap Guru Khalil.

Sebanyak 17 Ton beras dan 1,4 ton telur disalurkan untuk 2.766 kepala keluarga non PKH. (MC Kominfo Kab. Banjar/Prs)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?