Kadishub Akan Tingkatkan Semua Aspek Keselamatan Berlayar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID –  Pasca kecelakaan tenggelamnya penumpang Kapal perairan Bendungan Riam Kanan yang terjadi Minggu (19/8) lalu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar (Kadishub) Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP akan meningkatkan semua aspek pelayaran dengan baik. Hal ini disampaikan usai memberi pengarahan di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, Senin (20/8).

“Dari diskusi yang telah dilakukan ada suatu upaya yang harus kita lakukan dengan detail terkait aspek keselamatan berlayar seperti proses tata laksana dan SOP (Standard Operating Procedure) di demaga, perbaikan fasilitas, pemeriksaan kelaikan Kapal harus dilakukan enam bulan sekali,” jelas Kadishub.

Kadishub mengatakan bahwa hal terpenting yang saat ini ingin ditekankan adalah aspek keselamatan. Kadishub pun menginginkan bidang yang menangani ini dapat segera memperbaiki tata laksana kapal.

“Hal terpenting yang ingin kita tekankan bahwasanya prosedur keselamatan adalah keharusan. Keselamatan adalah yang utama, oleh karenanya kami minta kepada bidang atau seksi yang berwenang untuk memperbaiki tata laksana dari proses pemberian ijin kapal,” ujar Kadishub.

Lebih lanjut Kadishub mengatakan bahwa pemeriksaan kelaikan kapal merupakan unsur yang penting. Di samping itu, pembuatan data manifest diharuskan serta Surat ijin kapal dan juga SIM kapal harus ada pada setiap kapal yang berlayar.

“Pemeriksaan kelaikan kapal itu harus dilakukan setiap 6 bulan sekali dengan kemampuan mendeteksi kemampuan teknis dan kelayakan teknis dengan seksama.”imbuh Kadishub.

Selanjutnya, Kadishub juga akan meningkatkan pendidikan/pengetahuan tentang keselamatan kepada pengelola dan sopir kapal. Hal ini bertujuan agar para pengelola dan sopir kapal penumpang tahu dan mengerti tentang keselamatan kapal yang harus di taati.

Source:: DISHUB

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X