Kecamatan Tatah Makmur Sosialisasikan SOTK Pemerintah Desa

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan melakukan sosialisasi Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Desa kepada para pembakal di kecamatan tersebut.
Sosialisasi yang dipimpin oleh Sekcam Tatah Makmur, Ajidinnor Ridhali ini diikuti oleh sekitar 41 peserta, yang terdiri dari perangkat pemerintah desa dan kecamatan setempat. Sosialisasi diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada para pembakal dan aparatur desa dalam hal pengisian petugas apparat desa yang masih kosong.
Menurut Ajidinnor, Sosialisasi SOTK tentang Pemerintahan Desa dan Pemberhentian perangkat desa termasuk juga mengenai bagaimana pengangkatan aparat desa. “Untuk penerimaan aparat desa kita masih menunggu Pergub Bupati yang masih dalam proses penandatanganan,” jelasnya, Selasa (9/1) di Desa Bangkal Tengah.
Sementara Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar, Fahrian menjelaskan tentang tata cara penggantian aparat desa. Menurutnya, sebelum melakukan pergantian aparat desa pambakal harus melakukan pemetaan, penyotiran aparat desa yang lama.
“Penggantian aparat desa, hanya dilakukan saat ada aparat desa yang masih masa kerjanya. Meski begitu aparat desa yang habis masa kerjanya bisa diangkat kembali jika dia memenuhi syarat dan kinerjanya baik,” jelas Fahrian.
Fahrian juga menjelaskan tentang batas usia pelamar yakni minimal 20 tahun dan maksimal 42 tahun. Sedangkan tim penjaringan apparat desa berasal dari unsur pemerintah desa dan kecamatan setempat. “Jika ada posisi aparat desa yang kosong, maka nantinya dilakukan seleksi penyaringan dan penjaringan,” imbuh dia.
Sosialisasi juga membahas tentang penggunaan dana desa, terutama untuk para kader kesehatan dan kader PKK, sehingga bisa sinergis dengan pembangunan daerah. “Dana desa bisa saja digunakan untuk meningkatkan kapasitas kader PKK atau kesehatan. Namun tidak untuk operasionalnya,” jelas Amini, seorang tenaga ahli pendamping di Kabupaten Banjar. (MC-Kab.Banjar/hasyim/dani)

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X