KEGIATAN SYUKURAN PANEN PADI UNGGUL VARIETAS SITU PATENGGANG

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Istimewa, kegiatan selamatan panen padi penangkar varietas Situ Patenggang  di Area persawahan kelompok tani Alam Roh 8 Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat Kamis (13/9) 2018 yang lalu dihadiri oleh Gubernur kalsel dan Bupati Banjar. Dua kepala Daerah ini hadir untuk memberikan motivasi serta membangkitkan semangat petani khususnya petani di Desa Sungai Batang Kec.Martapura Barat Kab.Banjar

Hadir pula dalam kegiatan panenan ini Dandim, Danramil,kapolsek, camat, Ka BPP Kec.matapura Barat Ka. SKPD lingkup pemda Kab.banjar dan Ka.SKPD lingkup prop.kalsel.

Melalui laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kadis TPH Kab.Banjar Ir.H.Muhammad fachry, MP diketahui bahwa di Kec.martapura barat terdapat areal penangkaran padi unggul seluas 108 Ha dan varietas padi yang dikembangkan adalah Situ patenggang, situ bagendit, Ciherang dan Inpari 30. Di Desa Sungai Batang sendiri luas areal penangkarannya 17 ha dan didominasi oleh padi unggul varietas situ patenggang yang bersifat amfibi artinya benih padi var. ini dapat didibudidayakan dilahan kering maupun di lahan sawah, sebagai penyiapan benih padi untuk penanaman padi di Musim Hujan (MH) mendatang. Dari hasil ubinan diperoleh berat gabah kering panen 4, 34 Kg atau 6, 944 Ton/Ha GKP. Hasil panen benih padi penangkar ini sebagian besar akan diserap oleh Distributor PT. Sang Hyang Sri selaku produsen benih dalam rangka Perluasan Areal Tanam (PAT) sekaligus meningkatkan produktivitas menggunakan varietas unggul bermutu.

Dikemukakan pula oleh kepala dinas TPH Provinsi Kalsel yang akrab disapa Fathurrahman bahwa produksi padi di Kalsel beberapa tahun ini terus mengalami peningkatan tahun 2017 yang lalu produksi padi sebanyak 2,4 juta ton dan 2018 ini diprediksi mencapai 2,5 juta Ton diharapkan tahun 2019 mendatang kalsel mampu mencapai target produksi 2,6 juta ton, keberhasilan ini diperoleh dari kegiatan optimalisasi lahan berupa penanaman pada lahan tidur dan program tanam padi 2 kali setahun, keberhasilan ini  juga tak lepas dari dukungan dan pembinaan dari pemerintah pusat dan provinsi berupa bantuan alat mesin pertanian pra panen dan pasca panen. Harapan yang disampaikan oleh Gubernur Prov.Kalsel dengan adanya panen ini dapat membangkitkan semangat petani agar terus menanam padi guna meningkatkan pembangunan sector pertanian,beliau juga berharap seluruh instansi terkait dapat bersinergi untuk mendukung kegiatan ini salah satunya dengan melaksanakan normalisasi sungai guna mengoptimalisasi tata kelola air untuk peningkatan produktivitas lahan pertanian. Kabupaten Banjar adalah kabupaten yang memiliki julukan kindai limpuar mari kita bangkitkan lagi kita pertahankan bumi kindai limpuar ini tandasnya.(Dwi/KJF-TPH)

Source:: DTPH

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X