Kominfo Banjar Gelar Talkshow LAPOR – SP4N

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi dan Talk Show Aplikasi Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), Senin (26/8) malam.
Acara yang digelar di panggung utama Banjar Expo RTH Alun-alun Ratu Zalecha Martapura tersebut, dihadiri Sekda Kabupaten Banjar H Mokhammad Hilman, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Norhalis Majid, Kepala DKISP Kabupaten Banjar HM Farid Soufian.
Pelaksanaan sosialisasi LAPOR – SP4N diikuti 60 OPD termasuk PDAM, Baramarta, PD Pasar Bauntung Batuah, KPU, dan Bawaslu. Pemkab Banjar telah mengaktifkan LAPOR ini sejak Agustus 2017, dalam bentuk layanan pengaduan online dengan cara Ketik : Banjar (spasi) Aduan Kirim ke 1708, selanjutnya akan ditindaklanjuti.
Penitia Pelaksana Sosialisasi LAPOR – SP4N, Eddy Elminsyah Jaya mengatakan, LAPOR – SP4N adalah sistem yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik.
Penyelenggara dapat mengelola pengaduan secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, terkoordinasi. Penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Pemkab Banjar, melalui DKISP, melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap OPD dalam mengoperasionalisasikan LAPOR – SP4N, mengedukasi dan menyebarkan informasi kepada masyarakat mengenai SP4N – LAPOR dalam rangka peningkatan partisisipasi masyarakat.
Eddy juga mengatakan, melalui LAPOR SP4N maka penanganan pengaduan dan permasalahan masyarakat menjadi lebih cepat, tepat, dan tuntas. Membangun pola komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat secara santun dan bertanggung jawab.
“Serta tersampaikannya program program pemerintah kepada masyarakat, memantau tindak lanjut pengaduan sebagai bagian dari penilaian objektif atas kinerja OPD,” kata Eddy Elminsyah Jaya.
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Noorhalis Majid mengapresiasi Talk Show yang digelar DKISP Kabupaten Banjar. Mengingat kegiatan ini agar masyarakat mengahui bahwa Pemkab Banjar sudah terhubung dengan LAPOR.
Mudah bagi masyarakat untuk menyampaikan komplain tentang pelayanan publik. “Ini bukti bahwa Pemkab Banjar terbuka dengan kritik, saran dan laporan,” kata Norhalis Majid.
Menurutnya, kalau masyarakat sudah lapor melalui LAPOR -SP4N ini, maka pemerintah daerah juga harus cepat merespon, sehingga ada perbaikan pada pelayanan publik.
Zaman keterbukaan dunia digital, mengharuskan pemerindah daerah terhubung dengan instansi pelayanan publik lainnya, maka melalui LAPOR yang memfasilitasi hal itu, dan membuat masyarakat mudah berpartisipasi. (MC-Banjar/Paris/Ar/toeb)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...