Kominfo Siapkan Wifi Gratis di Area Publik

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, infoPublik – Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi, ketersediaan jaringan internet merupakan kunci lancarnya komunikasi dan informasi publik. Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar akan menyiapkan fasilitas wifi, baik untuk SKPD maupun untuk layanan publik.
Kepala Dinas Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, H.M Farid Soufian menjelaskan, akses wifi saat ini memang masih belum tersedia di area ke publik. Selain itu di SKPD pun masih menggunakan akses wifi masing-masing dengan membayar ke provider.
“Kita tengah menyiapkan pengaturan pada sistem bandwidth, agar semua SKPD bisa menikmati internet dengan mudah, cepat dan terkendali,” jelas Farid, di kantornya di Martapura, Senin (3/9).
Dia menambahkan, ke depan pihaknya akan menyediakan akses jaringan internet untuk seluruh SKPD yang ada di wilayah Kabupaten Banjar, sebesar 900 Mbps. Selain itu akan menyediakan pelayanan wifi untuk fasilitas publik.
“Pada akhir September 2018 mendatang kita perhitungkan semua SKPD akan menikmati fasilitas tersebut dan kita akan evaluasi kekurangannya,” terang Farid.
Sehingga akan diketahui SKPD mana yang banyak penggunaan dan yang kurang. Pada masa itu, Farid menerangkan akan membagi per 30 Mbps untuk setiap SKPD, apabila ada SKPD yang kurang dalam pemakaian, maka akan dikurangi sedangkan yang membutuhkan lebih, akan ditambah.
Sementara pada sore hari, ketika jam kantor selesai dan setiap Sabtu dan Minggu, akan melepas jaringan tersebut pada fasilitas publik seperti pada ruang terbuka hijau atau kawasan yang ramai dikunjungi masyarakat. “Meski ada akses wifi., kami juga akan membatasi situs yang bisa dibuka. Sehingga untuk penggunaan jangan untuk hal negatif,” tegas, mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjar ini.
Sedangkan Kepala Bidang e Government Dinas Informartika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, Kristianto menjelaskan, pada 2019 mendatang akan membangun gazebo-gazebo untuk akses internet. Rencananya, akan ada sekitar lima titik yang diletakkan fasilitas wifi gratis seperti di RTH Cahaya Bumi Selamat disediakan dua titik akses.
Menurutnya, radius wifi gratis di runag public sekitar 50 meter dnegan kecepatan akses internet 900 Mbps. “Jika dirasa kurang, maka akan kita sesuaikan lagi pada tahun mendatang,” pungkasnya. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/ogb/dani)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X