KPU Banjar Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Martapura, InfoPublik – Demi kelancaran Pencoblosan pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2019 pada 17 April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bajar menggelar simulasi pemungutan suara dan penghitungan surat suara pada Sabtu (13/4/2019) di Halaman Gedung Juang Martapura.

Ketua KPU Kabupaten Banjar Muhaimin mengatakan walaupun terlambat, namun kita memenuhi intruksi dari pusat untuk menggelar simulasi atau uji coba pemungutan dan penghitungan suara. Simulasi ini bertujuan agar petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memahami tata cara pencoblosan dan perhitungan surat suara.

“agar pada hari pencoblosan nanti petugas tidak bingung tentang tata cara pencoblosan. Masyarakat pun dapat bertanya kepada petugas KPPS apabila masih belum memahami cara pencoblosan,”terangnya.

Dia juga menambahkan  dalam pelaksanaan simulasi ini, banyak masyarakat yang di ikut sertakan dalam simulasi dan hampir semuanya telah mengerti sistem pemungutan suara. Hal itu dikarenakan pihak KPU selalu rutin dalam melakukan sosialisasi.

“Bidang sosialisasi sudah melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula ke sekolah-sekolah, juga ke kelompok-kelompok masyarakat juga telah dilakukan sosialisasi melalui relawan-relawan demokrasi, begitu pula di media sosial, insya allah masyarakat sudah paham,”ujarnya

Dalam kegiatan simulasi pencoblosan itu pihak KPU mengundang 100 petugas KPPS yang ada di wilayah Martapura.

Muhaimin menjelaskan simulasi simulasi pemungutan suara dan penghitungan surat suara ini bertujuan untuk mempraktekan se-mirip-miripnya saat hari pencoblosan nanti, kita hanya mengundang petugas KPPS yang ada di martapura Pelaksananya juga KPPS asli. Simulasi ini berjalan sesuai dengan buku petunjuk pada peraturan KPU. (McKominfoBanjar/Ags/Hendy/Eyv)

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...