KPU Banjar Lantik 55 Relawan Demokrasi Pemilu

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, infoPublik – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten banjar melantik sebanyak 54 Relawan Demokrasi Pemilu 2019, di Fave Hotel banjarbaru Sabtu (19/1/2019). Para relawan yang dilantik nantinya bertugas untuk sosialisasi kepada masyarakat tentang pemilihan umum.
Komisioner KPU Banjar Divisi Sosialisasi, SDM, Abdul Muthalib mengatakan, Pemilu merupakan sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat. Melalui penyelenggaraan pemilu inilah, digantungkan harapan untuk dapat membentuk pemerintahan yang memiliki legitimasi, bertumpu pada kehendak rakyat dan mengabdi pada tujuan untuk mensejahterakan rakyat serta mewujudkan keadilan sosial.
Dalam rangka mewujudkan harapan tersebut, partisipasi politik sejati rakyat, menjadi kunci utama keberhasilan pemilu. Partisipasi politik sejati dalam pemilu adalah partisipasi rakyat yang didasarkan pada pengetahuan tentang sistem politik, hak-hak politik rakyat dan kesadaran kritis dalam menggunakan hak pilih dan menanggapi seluruh proses dan tahapan pemilu.
“Oleh sebab itulah yang mendasari terbentuknya relawan demokrasi dan amanah undang-undang. Sehingga ada peran serta masyarakat dalam mensosialisasikan tentang tahapan dan makna pemilu itu sendiri,” kata pria yang akrab disapa Azi itu.
Relawan Pemilu di Kabupaten Banjar ada 55 orang, tugas mereka bukan hanya pada TPS-TPS tertentu saja tetapi mencakup seluruh wilayah Kabupaten Banjar dalam hal sosialisasi. Adapun jumlah TPS di Kabupaten Banjar sebanyak 1.831 buah.
Adapun seusai dilantik, para Relawan Demokrasi Pemilu 2019 pada Kabupaten Banjar mendapatkan pembekalan materi, dari Andi Tenri Sompa, Muslihah, Abdul Karim Omar, M Zain dan Abdul Muthalib.
Sementara salah seorang relawan Nurul Hikmah mengatakan keikutsertannya menjadi Relawas Demokrasi membantu KPU Kabupate Banjar dalam mensukseskan Pemilu menjadi salah satu alasan Nurul Hikmah menjadi Relawan Demokrasi Pemilu 2019 pada Kabupaten Banjar.
Mahasiswi Institut Agama Islam Darussalam Matapura itu mengatakan, menjadi Relawan Demokrasi KPU ini untuk mensosialisasikan kepaa masyarakat dalam hal pengetahuan mengenai pemilu serentak yang akan dilaksanakan di 2019 ini.
Relawan Demorkasi ini bisa membantu meningkatkan kinerja KPU dalam hal mensosialisasikan akan pentingnya hak memilih sesuai dengan harapan Pemilu yang berasaskan lansung umum bebas rahasia jujur dan adil.
“Alasan lainnya tertariknya menjadi Relawan Demokrasi KPU selain menambah wawasan mengenai pemilu saya juga ingin ikut berpartisipasi dalam mengsukseskan pemilu serentak 2019 ini , karena saya sadar akan pentingnya hak suara dalam memilih oleh sebab itu saya ingin ikut berpartisipasi mensosialisasikan tentang kepemiluan ini kepada masyarakat Kabupaten Banjar,” katanya, penuh semangat. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/BPost-Adv/Dani)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X