KTNA KAB.BANJAR GELAR REMBUG UTAMA TINGKAT KABUPATEN DI AULA DINAS TPH KAB. BANJAR

Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) adakan kegiatan Rembug Utama Tk. Kabupaten Di Aula Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Banjar , Selasa (26-11-2019).

Pada kesempatan ini KTNA Kab. Banjar mengundang beberapa Dinas yang bermitra dengan program kerja KTNA, yakni dengan hadirnya Kepala Dinas Koperasi UMKM kab. Banjar, Perwakilan Dinas Perkebunan dan Peternakan kab. Banjar, Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan, Perwakilan Dinas Perikanan, serta dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Banjar.

Ketua KTNA dalam laporannya mengatakan ada 11 program kegiatan yang telah dilaksanakan KTNA Kab. Banjar pada tahun 2019. Salah satunya yang terakhir yakni berpartisipasi pada kegiatan Pekan Daerah I yang diadakan di Balai Besar Pelatihan Pertanian pada tanggal 16-20 November 2019. Beliau juga mengatakan pada kegiatan ini akan dibahas seputar program kegiatan KTNA pada tahun 2020 mendatang serta untuk mendiskusikan persiapan PENAS TANI ke XVI di Sumatera Barat dan Rembug Nasional pada bulan agustus tahun 2020 nanti.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir. Muhammad Fachry, MP yang di wakili oleh Kepala Bidang Penyuluhan menjelaskan bahwa Saat ini Kementerian Pertanian sedang menumbuhkan Kostra Tani dan mengembangkan petani milenial dalam rangka pengembangan agribisnis dan agroindustri menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2024.

“Kondisi pertanian saat ini, menurut Sensus Pertanian tahun 2013 lebih 50% petani berusia diatas 50 th, Penguasaan lahan petani semakin sempit kurang 0,5 Ha, Alih fungsi lahan ke non pertanian semakin banyak, Kebutuhan bahan pangan meningkat, jumlah penduduk jugas semakin meningkat ”, ujarnya.

“Melihat kondisi tersebut sehingga diperlukan penyuluhan pertanian tidak hanya berorientasi produksi tetapi juga mengarah agrobisnis dan agroindustri, pembinaan Kontak Tani Visioner sebagai teladan usahatani modern sehingga dapat menjadi Penyuluh  Swadaya dalam memotivasi tani lain, mengupayakan sebanyak mungkin anak muda yang berminat dibidang pertanian sebagai pengusaha tani, dll” Tambahnya.

Fachry juga mengatakan bahwa Kontak Tani itu pekerjaan yang mulia, pekerjaan sosial yang jadi amal jariah. “Kontak Tani itu tugasnya member contoh Usaha Tani yang baik dan Modern serta mengajak petani lain untuk mengikuti dan maju” tandasnya.

Pada acara ini kegiatan diawali dengan pemaparan program dan kegiatan dari Dinas yang hadir berhubungan dengan pertanian dan perikanan. Salah satunya ada pemaparan dari Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Mada Teruna yang akan mendukung dan memfasilitasi para petani yang akan membuat sebuah koperasi dan mengembangkan usaha dibidang pertanian. Beliau juga mengatakan akan bersinergi dengan Dinas Pertanian untuk memberikan pembinaan kepada para petani untuk mengembangkan usaha taninya. (Purnamasari – Edy)

Source:: DTPH

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?