Lansia Usia Mandiri, Sejahtera dan Martabat

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Ketua TP PKK Banjar, Raudhatul Wardiyah berbaur dengan para lansia dan memotivasi mereka pada Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-23 tahun 2019 di aula Guest House Sultan Sulaiman Jalan A Yani Km 30, Martapura, Kabupaten Banjar, Selasa (16/7/2019).
Pada sambutannya Ketua TP PKK Banjar, Raudhatul Wardiyah mengucapkan selamat memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke 23 Tahun 2019.
Peringatan Hari Lansia tahun ini mengangkat tema Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat. Melalui tema ini diharapkan bangkit kembali pesan-pesan kesehatan bahwa sehat itu dimulai dari keluarga, sehat harus dijaga dengan perilaku hidup sehat dan berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional.
“Nantinya, akan terbangun keluarga yang sadar akan kesehatan dan terwujud lansia sehat, mandiri, sejahtera dan bermartabat,” katanya.
Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2019, lanjutnya, bertujuan untuk melembagakan nilai-nilai sosial masyarakat, meningkatkan kesadaran lanjut usia, generasi penerus, keluarga dan masyarakat tentang pentingnya berbangsa dan bernegara. Juga bertujuan untuk mendorong motivasi individu, keluarga, masyarakat dan dunia usaha untuk meningkatkan kesejahteraan lanjut usia serta meningkatkan kerjasama lintas sektor dari pusat sampai daerah.
Dirinya sangat mengharapkan kepada semua pihak untuk betul-betul menghadirkan hubungan yang erat, dan peduli antar sesama, khususnya kepada para lansia agar terciptanya suatu keharmonisan, saling menghargai, menghormati satu sama lain, karena para lansia adalah sosok yang memiliki kebijakan kearifan, dan pengalaman berharga yang dapat dijadikan teladan bagi generasi penerus dalam menentukan arah kehidupan pembangunan nasional dimasa mendatang.
“Saya juga berharap kepada seluruh para lansia untuk senantiasa memberikan sumbangan pemikiran dan ilmu atau pengalaman khususnya pemikiran dan pengalaman positif, yang sedikit banyaknya dapat mewujudkan, memantapkan Kabupaten Banjar Sejahtera dan Barokah. Sekecil sumbangan yang bapak ibu berikan akan sangat berarti bagi masyarakat dan daerah ini.” ujarnya.
Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah menyatakan, pihaknya bersyukur umur harapan hidup masyarakat Kabupaten Banjar semakin meningkat, pada 2017, 66.36 tahun kemudian pada 2018 menjadi 66.66 tahun.
Kenaikan ini sangat berarti, dan tentunya pihaknya berharap semua lansia harus memperhatikan kesehatannya, dengan gerakan masyarakat hidup sehat.”Periksa kesehatan secara teratur, makan buah dan sayur serta aktivitas fisik,” ujarnya.
Pada acara tersebut berlangsung meriah, didahului dengan senam sehat dan senam jari, serta pemeriksaan kesehatan lansia dan pemberian buku kesehatan lansia dan hadiah oleh Ketua TP PKK Banjar, pada acara tersebut juga dilakukan sosialisasi dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Achmad Dainuri tentang tema Penyakit Degeneratif dan Geripause dan Irfani dengan tema Pelayanan kesehatan lansia di Puskesmas dan Posyandu. (MC-Kominfo-Kab. Banjar/Rzq/Prs/Eyv)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...