LAUNCING POSYANDU REMAJA “RAKAT BEKAWALAN” DESA BENTENG KECAMATAN PENGARON

Dalam kegiatan Launching Posyandu Remaja “Rakat Bekawalan” Desa Benteng kecamatan Pengaron (Sabtu, 22/2/2020), yang di resmikan langsung oleh Camat Pengaron yaitu Bapak Ruliadi , beliau berharap agar Posyandu remaja ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang peduli akan remaja dan dapat menjadi contoh positif untuk desa-desa lain khususnya di kecamatan pengaron agar lebih memperhatikan kesehatan remaja di desanya, serta di harapkan kedepannya agar posyandu ini dapat berjalan terus menerus dan konsisten dalam meningkatkan kesehatan yang peduli remaja.
Menurut kepala UPT Puskesmas Pengaron Mustika Murni S.Sit, M.kes Posyandu remaja ini di bentuk berdasarkan rendahnya capaian Pelayanan Kesehatan pada usia produktif di mana pelayanan tersebut merupakan salah satu dari SPM (standar pelayanan minimal) bidang Kesehatan sehingga dengan di bentuknya posyandu remaja ini di harapkan nanti kedepannya capaian pelayanan kesehatan usia produktif khusunya di kecamatan pengaron dapat di tingkatkan.
Sekdes desa Benteng Sarpai dalam sambutannya mengaku telah melihat keberhasilan posyandu dalam memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan bayi, balita dan lansia. Untuk itu diperlukan pengembangan model posyandu yang sama dengan sasaran anak-anak remaja. Di mana sebelumnya desa Benteng sudah memiliki 4 posyandu; berupa 3 posyandu balita dan 1 posyandu lansia
Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan pada remaja meliputi tes kebugaran, pemeriksaan tekanan darah, tinggi badan,berat badan, lingkar lengan, konsultasi giji serta pemeriksaan kadar Hemoglobin darah. Di samping itu juga dilaksanakan penyuluhan kesehatan untuk remaja di antaranya yaitu penyuluhan kesehatan reproduksi oleh dr.Evi ,penyuluhan tentag bahaya Narkoba oleh Iptu Suroto Kaplsek Kecamatan Pengaron serta Penyuluhan tentang peran pemuda yang sehat dalam kegiatan bela negara oleh Danramil kapten Inf Kurmanto.
Dengan suksesnya acara tersebut, untuk pertama kalinya Kecamatan Pengaron memiliki satu-satunya posyandu remaja , Posyandu remaja nantinya diharapkan menjadi sebuah wadah masyarakat yang memfasilitasi remaja dalam memahami permasalahan kesehatan mereka, memperluas jangkauan Puskesmas PKPR dalam memberikan pelayanan promotif dan preventif kepada sasaran remaja.

Source:: DINKES

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?