Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar sederajad se-Kabupaten Banjar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar, melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, mengadakan Lomba Bercerita tingkat Sekolah Dasar sederajat 2019 dengan tema cerita rakyat, di aula Mahligai Sultan Adam, Martapura, Kamis (18/4/2019).
Lomba Bercerita SD sederajad tingkat Kabupaten Banjar diikuti 13 sekolah yang mewakili setiap Kecamatan, dengan durasi cerita 15 menit.
Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudatul Wardiyah berharap dengan diadakannya lomba seperti ini menambahkan minat baca anak dan menumbuhkan nasionalisme.
“Lomba bercerita ini menjadi salah satu media untuk menumbuh-kembangkan minat dan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui bacaan buku dalam mengembangkan karakter, selain itu untuk mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah yang mengandung nilai-nilai kepahlawanan,” katanya.
Ia menyampaikan banyak nilai positif yang bisa diambil dari perlombaan bercerita yang diikuti oleh anak usia yang masih perlu pembinaan ini.
“Banyak hal yang bisa didapatkan, di antaranya mengasah kreativitas, menumbuhkan rasa percaya diri atau kekuatan mental anak untuk tampil didepan umum, tentu ini sangat berguna untuk masa depannya,” ujar Ketua TP PKK kabupaten Banjar.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Yasna Khairina mengatakan Lomba Bercerita SD sederajad tingkat Kabupaten Banjar diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kegemaran membaca, serta menumbuh kembangkan budaya nasional dan perbaikan indeks literasi masyarakat pada anak.
“Peserta akan unjuk kebolehan beradu kreasi atau keterampilan membawakan cerita, imajinasi, improvisasi, dan penguasaan fantasi dan materi cerita rakyat yang dibawakan di hadapan para juri, dan juga penilaian terhadap pesan moral pada cerita yang dibawakan,” ungkapnya.
Yasna Khairina menyampaikan peserta terbaik yang akan memenangkan pada tingkat Kabupaten ini, akan mewakili Kabupaten Banjar pada Lomba Bercerita tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.
“Peserta terbaik akan mewakili Kabupaten Banjar pada tingkat Provinsi, bahkan tahun lalu Kabupaten Banjar mewakili Kalimantan Selatan dalam tingkat Nasional, dan kita berharap prestasi anak-anak ini, selalu meningkat,” harapnya.
Pada lomba tersebut tampak antusiasme peserta cukup tinggi, dengan mengenakan busana daerah maupun dengan pakaian yang cukup menarik. (MC Kominfo Kab. Banjar/Prs /Dessy /toeb)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...