Lomba Jukung, Jadi Daya Tarik Wisatawan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Martapura,InfoPublik — Event Akbar Lomba Jukung Tradisional memperebutkan piala Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, di Sungai Martapura Desa Sungai Rangas Tengah Martapura Barat, Minggu (17/3/2019) sore. Jukung adalah alat transportasi sungai seperti perahu tetapi tidak menggunakan mesin yang sering masyarakat Kabupaten Banjar gunakan untuk bepergian ke suatu tempat dan berdagang.
Pada gelaran lomba jukung tradisional itu diikuti oleh 77 tim, tidak hanya dari Kabupaten Banjar tetapi juga dari Kabupaten Barito Kuala dan Kota Banjarmasin. Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur mengatakan, Saya pernah menggelar event serupa tetapi atas nama pribadi dan ternyata animo peserta luar biasa, tidak hanya dari Kabupaten Banjar tetapi ada dari Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala.
“Perlahan kami mendorong event lomba jukung tradisional ini bisa menarik wisatawan, menambah variasi event-event untuk menarik wisatawan di Kabupaten Banjar,” katanya.
“Melalui event lomba jukung tradisional ini pula sekaligus menjaring atlit-atlit dayung di Kabupaten Banjar. Terlebih untuk sarana dan prasarana berlatih di Kabupaten Banjar sangat didukung oleh kondisi geografis alamnya yang mempunyai banyak sungai,”tambahnya.
Camat Martapura Barat, Sumardi mengatakan, lomba jukung tradisional di Desa Sungai Rangas Tengah ini mampu menarik wisatawan jika dikemas sedemikian rupa. Pihaknya pun siap mendukung seratus persen untuk mengembangkan lomba jukung tradisional menjadi event bergengsi di Kabupaten Banjar.
“Bahkan sebelum menggelar kegiatan tersebut, warga desa bersama-sama gotong royong membersihkan sungai. Sangat bagus untuk dikembangkan menjadi event parisiwata, karena tentunya ini akan meningkatkan perekonomian warga,” katanya.
Dia menambahkan, sebagai pihak kecamatan maka siap bekerjasama dengan instansi terkait seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar serta pihak-pihak lainnya.
Daftar juara lomba Jukung Tradisional Wakil Bupati Banjar, juara I Roditha dari Sungai Rangas, Juara II IKM Agus 4 Arwana Keliling Benteng Ulu, juara III IKM Agus 1 Keliling Benteng Ulu, juara IV Al madad Sungai Bakung, juara V alfarizi Keliling Benteng Ulu, juara VI drajad 3, juara VII IKM Agus 2 Keliling Benteng Ulu, juara VII IKM Agus 3 Keliling Benteng Ulu. Mendapatkan trophy dan uang pembinaan yang langsung diserahkan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur. (MC Kominfo Kab.Banjar/Rzq/Ags/Man)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...