MASYARAKAT PEDESAAN CINTAI PROGRAM DEBIRATU

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

“Kami sangat terkesan dengan Program Debiratu PKK Banjar. Program ini sangat memberikan manfaat besar bagi masyarakat kami di pedesaan,”
M Thamrin
Kepala Desa Manarap BaruKertak Hanyar
 
 
Gagasan cerdas Ketua PKK Banjar Dra Hj Raudatul Jannah MSi,  meluncurkan Program Desa Binaan Rame-rame Turun (Debiratu) terbukti memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa di daerah berjuluk Serambi Mekkah ini.
 
Hal itu terbukti dari keberhasilan pembangunan di tingkat desa. Selain itu masyarakat bisa merasakan manfaat langsung dari Program Debiratu karena seluruh kegiatan melibatkan masyarakat desa sebagai pilar utama pelaksana kegiatan.
 
Program Debiratu tersebut antara lain program peningkatan kesejahteraan keluarga melalui pendidikan pelatihan daur ulang sampah, kebun keluarga melalui pemanfaatkan lahan perkarangan rumah , program PAUD Peduli Lingkungan dan program lain yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat. Pelaksanaan program   bekerja sama dengan  dinas-dinas daerah yang disinergiskan dengan program unggulan daerah.
 
            “Kami mengapresiasi tinggi dan mencintai Program Debiratu prakarsa Ibu Hj Raudatul Jannah.  Sebab kegiatannya memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa,” tutur M Thamrin Kepala Desa Manarap Baru, Kecamatan Kertak hanyar di sela mendampingi kunjungan Tim Debiratu Kabupaten Banjar, Rabu (20/2) pagi.

 
            Ya, kegiatan Debiratu di Desa Manarap Baru ini berlangsung dalam suasana kekeluargaan, masyarakat desa dan Tim Debiratu PKK Banjar terlihat bercengkerama ramah membahas soal perkembangan kegiatan program. Di acara yang sama, PKK  Banjar bersama masyarakat  turun ke jalan  melakukan aksi penghijauan.
 
             Drs H Zainudin,  Ketua Tim Debiratu mengatakan, program Debiratu bermitra dengan pemerintah daerah  untuk bersama melaksanakan visi daerah dalam rangka mempercepat pembangunan daerah terutama di pedesaan.
 
            Zainudin mengharapkan semua elemen yang ada di desa dapat bekerja sama, baik dengan sesama warga, warga dengan aparat desa, serta warga masyarakat dengan pihak kecamatan. Ini  penting dilakukan agar desa percontohan yang dicanangkan saat ini dapat terwujud sesuai apa yang diinginkan bersama.
 
Menyinggung masalah perekonomian desa,  menurut Zainudin  perekonomian masyarakat desa harus dapat ditingkatkan, pemerintah melalui dinas terkait akan melakukan pembinaan kepada masyarakat desa agar dapat tercapai kesejahteraan ekonomi seperti program yang telah diwacanakan.
Sementara itu dalam sosialisasi di bidang kesehatan, Kadinkes drg Yasna Khairina, mengharapkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan untuk lebih memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan.
Dalam acara Dibiratu di Desa Manarap Baru diserahkan beberapa bantuan seperti Bantuan Gerakan Orang Tua Asuh (GNOTA) kepada Pelajar Sekolah Dasar, bantuan kesehatan kehamilan dan persiapan melahirkan kepada kader PKK yang sedang hamil.
 

 

 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...