MELALUI BANK SAMPAH PEMKAB BANJAR INGIN WUJUDKAN LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar bersama Direktorat Jenderal Pengelolaan sampah PSLB Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan RI, melaksanakan Sosialisasi Pengembangan Bank Sampah dalam pengelolaan infrastrukur hijau serta penyerahan secara simbolis 43 unit alat transportasi roda tiga pengangkut sampah kepada 13 Kabupaen se-Kalsel, di Aula Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Jum’at (28/9).
Turut hadir, Staf Ahli Bupati Banjar, H Masruri Bidang Pemasyarakatan dan SDM, Anggota Komisi VII DPR RI, H.M Dardiansyah, Kasubdit sarana dan prasarana Direktorat Pengelolaan sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Agus Saepudin yang juga sebagai nara sumber, Sekretaris DLH Kab Banjar, Normansyah dan peserta sosialisasi dari kelompok usaha perikanan, kelompok tani, TPS3R, nasabah bank sampah di Kabupaten Banjar.
Keberadaan bank sampah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pembangunan lingkungan yang bersih dan sehat, serta mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam pengelolaan limbah sampah, khususnya ketika manfaat ekonominya langsung dapat dirasakan oleh masyarakat. Sebagaimana yang tersirat dalam Permen LHRI Nomor 13 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) melalui Bank Sampah.
Kabupaten Banjar mendapat apresiasi dari Direktorat Pengelolaan sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, yang dinilai berhasil dalam mengembangkan bank sampah dalam rangka mendukung Indonesia Bersih Sampah 2020.
Bupati Banjar H Khalilurrahman dalam sambutannya sekaligus membuka Sosialisasi yang dibacakan melalui Staf Ahli Bupati Banjar, H Masruri, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banjar mengucapkan terimakasih kepada Komisi VII DPR RI serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI atas diberikannya bantuan berupa 23 unit motor sampah roda 3 kepada Pemerintah Kabupaten Banjar.
Kabupaten Banjar sudah memiliki 88 buah bank sampah, termasuk bank sampah yang ada disekolah yang merupakan salah satu poin dalam penilaian dalam meraih Penghargaan Adipura adalah kepemilikan bank sampa. Sehingga melalui program banksampah, Pemerintah Kabupaten Banjar bisa kembali meraih dan mempertahankan penghargaan Adipura khususnya penghargaan Adipura untuk Kota Martapura yang ketujuh kalinya di tahun 2018 ini.
“Semoga sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi daya dukung bagi terselesaikannya masalah persampahan yang ada di Kabupaten Banjar” ucapnya
Sementara Anggota Komisi VII DPR RI, H.M Dardiansyah mengatakan, Dengan bantuan motor sampah ini agar dapat dimanfaatkan sebaik baiknya untuk pengurangan sampah serta kesadaran masyarakat guna menjaga lingkungan dan mengurangi sampah.”ujarnya

Source:: HUMAS

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X