Memperingati HUT RI, Ada Festival Jukung di Sungai Martapura

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Atribut bendera Merah Putih menghiasi jukung-jukung (perahu, red) warga di sepanjang Sungai Martapura, Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (14/08/2019). Festival Jukung tersebut untuk memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar.
Festival Jukung dihadiri langsung Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur bersama Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Banjar Nur Gita Tyas, Camat Martapura Barat Sumardi serta sejumlah Kepala Desa. Bahkan Saidi Mansyur turut ambil bagian dengan menaiki sebuah jukung menyusuri Sungai Martapura.
Masyarakat begitu antusias menyambut Festival Jukung yang telah digelar kedua kalinya ini. Sebanyak 50 lebih jukung ikut serta dengan umbul-umbul dan pakaian unik dari peserta.
Sontak, menarik perhatian masyarakat menyaksikan dipinggiran sungai Martapura, terlebih saat Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyapa warganya, yang turut serta pada jukung peserta Festival.
Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan, Festival Jukung merupakan kegiatan positif dalam rangka memperingati hari besar Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Kabupaten Banjar.
“Pada hari ini kita menghadiri festival perahu, dan diadakan, oleh swadaya masyarakat dalam memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar,” ujar Saidi Mansyur.
Wakil Bupati Banjar menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada komponen masyarakat Martapura Barat, untuk terus melanjutkan festival jukung tersebut. Menurut dia, festival jukung ini, tentu dapat merekatkan tali silaturahmi karena masyarakat yang berpartisipasi mengikuti festival jukung semakin banyak.
Wabup Banjar Saidi Mansyur juga menyampaikan, pada momen memperingati HUT RI dan Hari jadi, Kabupaten Banjar mengajak masyarakat untuk bersama-sama berjuang dalam membangun Kabupaten Banjar, agar lebih baik lagi ke depannya.
Camat Martapura Barat Sumardi mengatakan, kegiatan Festival perahu ini merupakan hasil swadaya masyarakat Martapura Barat. “Masyarakat semuanya kompak dalam memajukan tempat pariwisata sungai di sini, tentu dengan antusias mereka dalam meramaikan kegiatan festival perahu ini dan juga kegiatan lainnya,” ujarnya.
Pada Festival Jukung tersebut Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur juga menyerahkan hadiah kepada peserta sebagai bentuk apresiasi pada Festival Jukung tersebut. (MC Kominfo.Banjar/Prs/Dani)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...