“PAMAN BIRIN, GURU KHALIL, DAN ALIM ULAMA MENDUKUNG PROGRAM IMUNISASI PEMERINTAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN DI KABUPATEN BANJAR”

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Mandikapau – Pondok Pesantren Miftahussibyan Mandikapau Timur kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, menjadi tempat diselenggarakannya Pencanangan Kampanye Imunisasi MR (Campak – Rubella) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan,
Dalam acara Imunisasi yang di gelar di desa mandikapau tersebut dihadiri dan dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan Bapak H. Sahbirin Noor, Pencanangan Kampanye Imunisasi MR tingkat Propinsi Kalimantan Selatan dengan tema “Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anak Indonesia Dengan Imunisasi MR”.

Acara tersebut dihadiri kurang lebih sebanyak 250 orang, terdiri dari Bupati Banjar dan TP PPK Kab. Banjar, Ketua DPRD Kab. Banjar, Muspida Kab. Banjar, Kepala SKPD lingkup Kab. Banjar, Ketua MUI Kabupaten Banjar, Ketua NU Kabupaten Banjar, Ketua Muhammadiyah Kabupaten Banjar, Ketua Camat dan TP PKK Kecamatan sekabupaten Banjar, Kepala UPT Puskesmas sekabupaten Banjar, Pambakal sekecamatan Karang Intan, Tokoh Agama dan Alim Ulama kabupaten Banjar.
Bupati Banjar (KH. Khalilurrahman) dlm sambutannya “Sangat mendukung program pemerintah pusat, merasa bangga dan haru, kab.banjar mampu mengikuti kegiatan Imunisasi seperti ini, semoga ini bisa terus berlanjut”
Dalam acara tersebut diberikan imunisasi MR sebanyak 1.000 (seribu) anak yang berasal dari sekolah – sekolah di wilayah Kecamatan Karang Intan. Sasaran imunisasi MR Kabupaten Banjar sebanyak 153.808 anak, yang pelaksanaan kegiatan pada bulan Agustus s.d September 2018.


Penyakit Campak dikenal juga sebagai Morbili atau Measles. Campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin, dengan gejala demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash) disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau mata merah (counjunctivitis). Penyakit ini akan sangat berbahaya bila disertai dengan komplikasi pneumonia, diare, meningitis, bahkan dapat menyebabkan kematian.
Penyakit Rubella adalah penyakit yang mirip dengan Campak yang juga ditularkan melalui saluran perenapasan saat batuk atau bersin. Penyebab penyakit Rubella adalah Virus Rubella, dan akan mati oleh sinar ultraviolet, bahan kimia, bahan asam dan pemanasan. Rubella pada anak sering hanya menimbulkan gejala demam ringan atau bahkan tanpa gejala sehingga sering tidak terlaporkan, sedangkan Rubella pada wanita dewasa sering menimbulkan sakit sendi (arthritis atau arthralgia). Rubella pada wanita hamil terutama trisemester pertama dapat mengakibatkan keguguran atau bayi lahir dengan cacat bawaan yang disebut congenital rubella syndrome (CRS).


Penyakit Campak dan Rubella tidak dapat diobati, tetapi kedua penyakit ini bisa dicegah dengan imunisasi. Pemerintah Indonesia memberikan imunisasi Campak sebagai salah satu program imunisasi nasional.
Belakangan ini Banyak Black Campaign yang beredar mengenai tentang bahaya Imunisasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab, yang sumbernya tidak jelas dan merupakan Informasi Hoax.

Padahal Imunisasi itu penting bagi Kesehatan Masyarakat Indonesia, Imunisasi merupakan program pencegahan penyakit menular yang diterapkan dengan memberikan vaksin sehingga orang tersbut imun atau resisten terhadap penyakit tersebut. Program imunisasi dimulai sejak usia bayi hinggan masuk usia sekolah. Melalui program ini, anak akan diberikan vaksin yang berisi jenis bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dinonaktifkan guna merangsang sistem imun dan membentuk antibodi di dalam tubuh mereka. Antibodi yang terbentuk setelah imunisasi bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus tersebut di masa yang akan datang.

Source:: DINKES

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X