Pasar Terapung Lok Baintan, Penggerak Ekonomi Desa

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, infoPublik – Keberadaan Pasar Terapung di Desa Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, menjadi salah satu penggerak perekonomian desa setempat.
Banyak hasil bumi dan hasil perkebunan warga, diperdagangkan di pasar tradisional yang berada di tengah Sungai Martapura tersebut. Tak hanya itu, sebagian warga Desa Lok Baintan dan desa lainnya, juga menggantungkan pendapatan mereka pada Pasar Terapung Lok Baintan.
Seperti yang disampaikan oleh Ibay, salah seorang pedagang pasar terapung Lok Baintan yang ditemui saat mengayuh jukungnya, Rabu (4/7), bahwa sejak ayah dan ibunya meninggal, maka dia yang menjadi tulang punggung untuk menghidupi keluarga.
Menurut wanita paruh baya ini, dia berjualan menggunakan perahu jukung di Pasar Terapung Lok Baintan sudah lebih dari 20 tahun. “Sejak saya masih sekolah, hingga sekarang berkeluarga dan punya tiga anak, sudah berjualan di Pasar Terapung Lok Baintan ini,” jelas Ibay yang kemarin berjualan buah-buahan berupa jeruk dan pisang.
Pasar Terapung Lok Baintan merupakan pasar tradisional di atas sungai Martapura. Para pedagang dan pembeli sama-sama naik perahu yang biasa disebut jukung. Pasar tradisional yang sudah ada sejak zaman dulu ini, menjadi icon wisata Kabupaten Banjar bahkan Provinsi Kalimantan Selatan.
Menurut Kepala Desa Lok Baintan Sapriansyah, keberadaan Pasar Terapung Lok Baintan merupakan salah satu urat nadi perekonomian warganya. Banyak warga desanya yang memasarkan hasil kebun maupun dagangnnya di pasar tersebut.
“Para pedagang di pasar ini sudah beraktivitas sejak subuh, dan berakhir hingga sekitar pukul 09.00,” jelas Sapriansyah.
Tiap hari pasar apung ini banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun dari luar negeri. Objek wisata andalan Kalimantan Selatan ini menarik karena masih alami dan jarang ada di daerah lain. Di sana selain menjual buah-buahan, juga ada kue-kue tradisional, makanan tradisional, kerajinan tangan dan cindera mata yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

“Silakan berkunjung ke Lok Baintan, kami akan terima dan layani anda dengan senang hati,” ujar Sapriansyah. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/agus/dani

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X