Pelanggaran Lalu Lintas Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Perilaku buruk mengoperasikan telepon seluler saat berkendara menjadi salah satu dari penyebab utama kecelakaan lalu lintas di Indonesia.

setidaknya ada beberapa penyebab utama kecelakaan lalu lintas. Pertama adalah melakukan kegiatan yang menggangu konsentrasi berkendara, yaitu mengoperasikan ponsel sambil menjalankan kendaraan.

“Penyebab utama Kecelakaan. Pertama distracted driving, seperti berkendara sambil telepon, SMS-an, makan dan minum ketika berkendara,”

“Kedua, berkendara terlalu cepat sehingga sulit memberikan reaksi jika terjadi sesuatu. Saking cepatnya, Anda tidak sempat bereaksi untuk keselamatan. Ketiga, tidak memperhatikan marka jalan,”

Faktor lainnya yang menjadi penyebab utama kecelakaan adalah menerobos lampu merah, emosi tidak stabil dari pengemudi yang umumnya masih remaja, serta perilaku melawan arus yang menyebabkan kecelakaan fatal karena kendaraan lain datang dari arah berlawanan.

Berbelok tanpa melihat kondisi jalan, berkendara di bawah pengaruh alkohol, balapan liar dan modifikasi kendaraan yang tidak sesuai aturan juga menjadi faktor utama kecelakaan.

“Kendaraan dari pabrik sudah didesain sedemikian rupa untuk keselamatan, jadi tidak usah dimodifikasi macam-macam. Apalagi yang berkaitan dengan keselamatan, misalnya modifikasi ban,”

Dalam Pasal 106 Ayat (1) UU LLAJ, disebutkan: Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Sedangkan Pasal 283 UU LLAJ menyebut: Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 Ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

agar para pengendara menguasai teknik, peraturan dan etika berlalu lintas. Pengendara juga harus memastikan motor atau mobil dalam kondisi prima sebelum dijalankan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

Source:: DISHUB

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X