PELAYANAN KB MOBILE DI DESA PASAR JATI KECAMATAN ASTAMBUL

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Pemerintah Kabupaten Banjar, melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab. Banjar bidang KB laksanakan Pelayanan Keluarga Berencana (KB). Pelaksanaan tersebut dilaksanakan di desa Pasar Jati, Kecamatan Astambul, Selasa 26 Februari 2019.
Sukini, SKM selaku kasi Bina Kesertaan KB dan Kesehatan Reproduksi menjelaskan untuk saat ini pelayanan khusus dilakukan baik itu Pelayanan KB maupun pemberian penyuluhan. Pelayanan mencakup beberapa desa di Kabupaten Banjar, “ Ini merupakan tempat kedua dibulan Februari Pelaksanaan pemberian pelayanan KB. Dimana sebelumnya, telah dilakukan di Desa Sumber Baru (kecamatan Sungai Pinang)” tuturnya. Lebih lanjut Sukini beberkan pelayanan KB ini dimana Pelayanan memasang alat kontrasepsi jangka panjang (MKJP) baik itu implant maupun alat IUD (Intra Uterin Devices).
Tidak hanya memberikan pelayanan KB saja tetapi juga memberikan penyuluhan dengan memberikan motivasi dan pengetahuan bagi ibu-ibu yang sudah terlalu lama mengkonsumsi hormon seperti pil ataupun suntik. Sebab hampir semua masyarakat tidak mengetahui bahwa semakin lama mengkonsumsi hormon dapat mempengaruhi kesehatan bagi ibu-ibu yang menggunakannya, jelasnya. Serta mengubah persepsi bahwa KB bukan berarti tidak boleh memiliki anak sama sekali, tetapi memberikan jarak lahir bagi anak demi keselamatan si ibu serta kesejahteraan keluarga, baik mampu fisik maupun finansialnya, bebernya.
Dari kegiatan ini disinggung seberapa penting KB, salah seorang akseptor menjawab pentingnya KB sangat besar sekali , dimana dengan kehidupan ekonomi yang makin meningkat, jika banyak anak akan kerepotan. Makanya, dengan adanya KB dapat menjaga jarak lahir dan menentukan jumlah anak ini demi masa depan kesejahteraan anak tersebut,” jelasnya. Dalam kegiatan ini sebanyak 26 akseptor yang hadir, dan antusias mendengarkan penyuluhan dari PLKB Kecamatan Astambul, serta pemasangan alat kontrasepsi berupa IUD sebanyak 4 orang dan Implant sebanyak 22 orang .
Dengan adanya penyuluhan dan Pelayanan KB Mobile ini, diharapkan dapat mempermudah warga masyarakat untuk mendapatkan pelayanan KB juga mendapatkan informasi dan pemahaman seputar KB. Tidak hanya ibu-ibu saja, tetapi juga bapak-bapak juga konsen atau peduli akan manfaat KB untuk keluarga.


Source:: DP2KBP3A Kab. Banjar

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...