Pembakal Bincau Fasilitasi Badan Hukum untuk 8 Kelompok Tani

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kelompok Tani Sanggar Tani yang dipimpin oleh Tumino, pada    hari Jumat tanggal 3 Agustus 2018 mengadakan syukuran panen padi. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar Ir. H. M. Fachry, MP. Acara ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur kelompok tani, atas keberhasilan mereka dalam melaksanakan usaha taninya.

Dengan hamparan lahan persawahan seluas 12 Ha. dipimpin oleh kepala dinas, pihak kecamatan, polsek, pembakal melaksanakan panen bersama. Jenis varietas padinya mayang dengan hasil ubinan sebesar 4,3 kg atau kalo dikonversikan produksinya sebesar 6,8 ton/Ha. Hal ini merupakan keberhasilan atas kerja keras bersama antara petani dan peran serta penyuluh pertanian.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan secara simbolis bantuan alat cultivator kegiatan pengembangan cabe tahun 2018 sebanyak 2 (dua) unit dari Dinas TPH untuk kelompok tani Sanggar Tani dan Suka Makmur. Ir. H. M. Fahry , MP juga memberikan apresiasi yang tinggi untuk pembakal Bincau, H. Samhudi, S.Pi yang telah mengalokasikan sebagian Dana Desa untuk pembangunan pertanian. Alokasi dana tersebut diberikan kepada 8 kelompok tani yang ada di desa Bincau dengan total anggaran sebesar Rp. 32.000.000,-. Peruntukan anggaran ini untuk legalisasi poktan  berbadan hukum  bagi seluruh kelompok tani di desa Bicau dan untuk kas kelompok tani.

Sungguh patut dibanggakan, karena ini merupakan satu-satunya pembakal di Kabupaten Banjar yang bisa memfasilitasi  pembentukan Badan Hukum untuk seluruh kelompok taninya. Salah satu cara untuk menyikapi UU no 23 trahun 2014, agar kelompok tani tersebut bisa mendapatkan bantuan atau hibah  kegiatan yang anggarannya bersumber dari dana APBD 2.

Pesan dari kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar, kiranya ini bisa meningkatkan semangat dan motivasi kita dalam menjalankan usaha tani di Kabupaten Banjar. Mempertahankan sebutan Kindai Limpuar untuk kabupaten Banjar , menjadi tugas bersama insan pertanian.(retno/riza)

Source:: DTPH

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X