Pemilihan Awak Angkutan Umum Teladan ( AKUT ) 2016

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

444Martapura,(01-08-2016). Transportasi darat khususnya bidang lalu lintas dan angkutan jalan merupakan komponen yang sangat terpenting dari Sub Sektor Perhubungan Darat serta perannya dalam pembangunan tidak dapat diabaikan. Konstribusi terhadap penyebaran manusia, barang dan jasa dari suatu tempat ke tempat tujuan di seluruh daratan memperlihatkan bahwa peran lalu lintas dan angkutan jalan sangat vital. Salah satu hal yang mendasar masih belum ditangani dengan baik adalah rendahnya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan jalan. Permasalahan – permasalahan tersebut terjadi sebagian besar karena faktor Sumber Daya Manusia (SDM) yang operasional di jalan masih belum memadai kualitas kompetensinya, sehingga upaya penanganan khusus terhadap faktor tersebut, yakni awak kendaraan angkutan umum merupakan hal utama dan penting yang harus diperhatikan dan dipersiapkan dalam usaha meningkatkan pelayanan dan keselamatan lalu lintas angkutan jalan.

Sebagai wujud perhatian Pemerintah Daerah kepada awak kendaraan angkutan umum selaku SDM transportasi yang memiliki peran vital dalam peningkatan keselamatan transportasi jalan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjar melalui Bidang Lalu Lintas dan angkutan Jalan (LLAJ) kembali melaksanakan Kegiatan Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) Tahun 2016. Kegiatan AKUT kali ini dilaksanakan di Aula Dishubkominfo Kab. Banjar dari tanggal 27-28 Juli 2016. Kegiatan ini bukan semata mencari siapa yang menjadi juara tetapi memberikan pembinaan kepada awak angkutan umum agar selalu menjaga keselamatan berlalu lintas.

555Dalam sambutan pembukaan pemilihan AKUT Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Drs. H. M. Aidil Basith, MAP mengatakan dengan adanya kegiatan Penghargaan kepada Awak Angkutan Umum salah satu upaya membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dan para sopir dapat memahami tentang bagaimana berlalu lintas. Pemerintah akan memberikan penghargaan kepada para pengemudi angkutan umum yang berprestasi, penghargaan prestasi yang akan diberikan berupa uang pembinaan mulai dari Juara I sampai dengan Juara III dan nantinya akan diikut sertakan dalam Pemilihan Awak Angkutan Umum Teladan ( AKUT ) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan “mudah-mudahan bisa dapat ikut serta di Tingkat Nasional”.

Dia juga menyampaikan untuk sebelumnya Kabupaten Banjar telah meraih 2 ( Dua ) kali berturut-turut penghargaan Wahana Tata Nugraha ( WTN ) Katagori Lalu Lintas pada Tahun 2014 dan 2015, tanpa dukungan dari masyarakat dan para supir angkutan umum yang selalu mentaati peraturan Lalu Lintas Kabupaten  Banjar bisa meraih penghargaan WTN. Dia mengharapkan kedepannya Kabupaten Banjar mendapatkan Penghargaan Piala WTN dengan Katagori Lalu Lintas tetapi juga dalam Katagori Angkutan.

Kegiatan Pemilihan AKUT tahun 2016 ini diikuti oleh peserta dari pengemudi angkutan umum orang. Ruang lingkup penilaian terdiri dari aspek perilaku (attitude), pengetahuan (knowledge), dan keterampilan (skill), dengan penekanan lebih besar pada aspek perilaku (attitude). Materi-materi penilaian yang akan diujikan dalam kegiatan pemilihan AKUT kali ini, terdiri dari : Keselamatan Transportasi dan Tata Cara Berlalu Lintas, Penegakan Hukum Berlalu Lintas, Pengetahuan Bidang Asuransi, Peraturan Perundang-undangan LLAJ, Pelayanan Angkutan Umum, Laik Jalan Kendaraan Bermotor, Tes/ Ujian Teori Tertulis, dan Praktek Mengemudi yang akan dinilai oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Prov. Kalimantan Selatan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Banjar, Satlantas Polres Banjar dan Jasa Raharja.(Hfz).

 

Source:: DISHUBKOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X