Pemkab Banjar Dorong Masyarakat Kembangkan Usaha Pertanian

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Martapura,InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar berupaya mendorong warga masyarakat kembangkan usaha tani seperti pengembangan tanaman pangan dan hortikultura baik dalam bentuk dukungan benih, alat mesin pertanian, pestisida dan bantuan pasca panen serta peternakan sapi indukan.
Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar, H Khalilurahman, saat melakukan safari Ramadan dan buka bersama warga di Desa Sungai Lurus Kecamatan Sambung Makmur, Rabu (15/5/2019).
Bupati Banjar, H Khalilurrahman yang didampingi Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur mengatakan Kecamatan Sambung Makmur salah satu dari empat wilayah di Kabupaten Banjar yang memiliki pengembangan padi gogo yang sangat potensial, selain itu Kecamatan Sambung Makmur juga adalah salah satu kecamatan dari 6 kecamatan yang memiliki sentra produksi durian, dan juga penghasil tanaman palawija yaitu jagung dan kacang tanah serta mempunyai sentra komoditas buah pisang.
Melihat potensi-potensi tersebut yang ada di Kecamatan Sambung Makmur. Pemerintah juga terus mensupport para petani untuk peningkatan kesejahteraan melalui berbagai program perbaikan usaha tani, dan pada tahun ini melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura sudah melaksanakan Percontohan Usahatani Tumpangsari Padi Gogo dengan Jagung di 2 Desa yaitu Desa Batu Tanam dan Madurejo.
“Upaya ini karena kita melihat Kecamatan Sambung Makmur didominasi oleh lahan kering, dan pada lahan kering pun, kita bisa menanami tanaman padi serta palawija, walaupun pada umumnya kondisi persawahan di Kabupaten Banjar sebagian besar berupa persawahan Rawa Pasang Surut dan Sawah Rawa Lebak.
Untuk menunjang kinerja para Penyuluh Pertanian dan Mantri Tani, pada tahun ini akan kami laksanakan Rehab pada Gedung Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sambung Makmur,” ujarnya
Selanjutnya, Bupati Banjar mengatakan Pembangunan sektor Peternakan adalah bagian dari pembangunan pertanian secara luas. Peternakan mempunyai potensi yang tinggi dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi di pedesaan. Populasi sapi di Kecamatan Sambung Makmur mencapai 4.022 ekor atau 22,3% dari populasi sapi Kabupaten Banjar.
Dalam mendukung sapi indukan wajib bunting (SIWAB), banyak kegiatan yang telah dan sedang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Peternakan dan Perkebunan; seperti pengobatan vaksinasi massal, penanganan gangguan reproduksi dan pengembangan kebun rumput pakan ternak dan kawin suntik, serta peningkatan keterampilan petani peternak,” tegas Bupati Banjar
Selanjutnya, kami sampaikan pula, dalam tahun 2019 ini Kecamatan Sambung Makmur sudah diprogramkan beberapa Kegiatan Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Ternak dengan pemberian pengobatan ternak massal bersama Kecamatan Sungai Pinang, Pengaron dan Aranio sebanyak 400 ekor. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Tohal/Ags

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...