PEMKAB BANJAR GELAR APEL SIAGA BENCANA

Memasuki musim hujan penghujan, pemerintah Kabupaten Banjar melalui BPBD Kabupaten Banjar menggelar Apel Siaga bencana dan puting beliung bertempat di Halaman Kantor BPBD Kabupaten Banjar, Kamis (12/12).

Apel siaga bencana yang menggelar pasukan dari TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, BPDB, PMI dan relawan ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah Banjar, H.Mokhamad Hilman.

Sekda Banjar mengatakan bahwa penyelenggaraan penanggulangan bencana bukan hanya menjadi wewenang pemerintah saja, tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Sehingga jika terjadi bencana, semua bersatu padu bergerak untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah maupun bencana.

“Kabupaten Banjar seperti yang kita ketahui bersama merupakan daerah yang mempunyai tingkat kerawanan yang tinggi terhadap bencana baik itu kebakaran hutan maupun lahan, banjir, puting beliung, tanah longsong, kekeringan/krisis air bersih dan gelombang tinggi air pasang (ROB). Oleh sebab itu kita semua harus lebih meningkatkan lagi kewaspadaan serta terus berupaya melakukan pencegahan terhadap potensi yang mungkin terjadi”, ucapnya.

Ia menambahkan menurut informasi BMKG, wilayah Kabupaten Banjar, sudah berada pada musim hujan. Secara umum wilayah Indonesia akan mengalami puncak musim hujan pada awal bulan januari sampai dengan bulan februari 2020 dengan kondisi ekstrim berupa angin kencang dan gelombang tinggi.

“Apel siaga banjir, yang kita laksanakan pada hari ini, merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dan kesiapsiagaan, yang harus kita semua lakukan untuk mengurangi kerentanan dalam menghadapi bencana. Saya juga mengajak kita semua untuk terus melakukan kesiapsiagaan terhadap bencana dalam rangka mengurangi resiko atau kerugiaan yang timbul akibat bencana”, lanjutnya.

Ia juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Kodim 1006 Martapura, Polres Banjar, PMI Kab. Banjar, dan semua pihak yang telah membantu dalam penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Banjar.

Source:: HUMAS

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?