Pemkab Banjar Gelar Rapat Koordinasi Jelang Pemilu

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Pelaksanaan Pemilu Serentak Presiden, Wakil Presiden dan Legislatif Tahun 2019 yang tinggal menghitung hari. Hal ini membuat semua pihak harus bersiap dan bekerja keras untuk menyukseskan pesta demokrasi yang dilaksanakan setiap 5 tahun ini.
Tak terkecuali Pemerintah Kabupaten Banjar yang melakukan pertemuan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten di Ruang Command Center Barokah, Mahligai Sultan Adam Martapura, Selasa (9/04)
Pertemuan ini dihadiri oleh Bupati Banjar H. Khalillurrahman, Sekda Banjar H. Nasrun Syah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Zainuddin, Kepala Badan Kesbangpol Aslam, Kepala Disdukcapil Azwar, Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, Dandim 1006/Martapura Letkol Arm. Siswo Budiarto.
Serta, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar Muji Martopo,Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Banjar Mulkan, Ketua KPU Kabupaten Banjar Muhaimin dan Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar Fajeri Tamzidillah.
Pertemuan yang dipimpin oleh Sekda Banjar H Nasrun Syah ini sendiri membahas dan mengevaluasi persiapan yang sudah dilakukan KPU Kabupaten Banjar dalam menyukseskan pemilu serta mencari solusi permasalahan yang dihadapi KPU berkaitan dengan pemilu serentak 2019 di Kabupaten Banjar.
Bupati Banjar H Khalilurrahman menyampaikan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu serentak kali ini menjadi perhatian banyak pihak, apalagi secara nasional ditargetkan partisipasi pemilih sebesar 77,5%.
“Perlu ada langkah konkrit untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan menurunkan angka golput. Karena itu kami siap memberikan dukungan pada KPU agar dapat bekerja dengan baik dan amanah untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu,” katanya.
Dia juga meminta agar KPU maupun Bawaslu tidak sungkan untuk menghubungi Forkopimda apabila ada kekurang jelasan komunikasi dan koordinasi serta apabila menemukan persoalan dalam pemilu. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjar juga siap memberikan bantuan kepada KPU.
Ketua KPU Kabupaten Banjar Muhaimin mengungkapkan persiapan yang sudah dilakukan oleh KPU antara lain mempersiapkan 25 orang operator yang akan bekerja selama 1 bulan penuh untuk melakukan perhitungan rekap surat suara.
“Kami sejak 2 bulan lalu juga membentuk relawan demokrasi yang berjumlah 45 orang yang tersebar di Kecamatan, tugas mereka untuk memberikan sosialisasi pemilu pada masyarakat. Pihaknya sudah melakukan pendistribusian logistik pemilu sejak awal April, kalau seminggu sebelum pemilu, maka tak akan sempat lagi,” ujarnya.
Pendistribusian logistik ini berlangsung dengan lancar dengan di bantu Polri dan TNI, setidaknya ada 8 kecamatan yang logistiknya sudah mulai disalurkan, yaitu kecamatan Paramasan, Telaga Bauntung, Sungai Pinang, Sambung Makmur, Cintapuri Darussalam, Simpang Empat, Mataraman dan Astambul.
Walaupun secara garis besar berlangsung lancar, tapi ada beberapa kendala seperti terbatasnya ruang gudang penyimpanan kami hingga pengerjaan logistik pemilu untuk Kecamatan Martapura yang berjumlah lebih dari 1.800 kotak suara akan kami distribusikan ke Kantor Kecamatan Martapura.
“Jadi logistik untuk kecamatan lain bisa dikerjakan di gudang penyimpanan lebih cepat. Kami optimis masalah logistik pemilu akan selesai seluruhnya pada tanggal 15 april,” jelasnya.
Selain itu kesempatan untuk memperbaiki data Daftar Pemilih Tambahan (DPT) diperpanjang oleh Mahkamah Konstitusi (MK) hingga tanggal 10 April untuk mendata pemilih yang berasal dari beberapa katagori, diantaranya pemilih yang sakit, tahanan dan korban bencana alam.
Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar mengatakan masalah penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang akan dilaksanakan pada masa tenang tanggal 14-16 April nanti.
Selanjutnya, dia juga meminta Surat Keputusan Penertiban APK agar memudahkan untuk menertibkan APK pada masa tenang dengan bantuan Satpol PP. Pihanya menyiapkan dana operasional untuk penertiban APK nanti.
Pihaknya juga akan mengimbau tim kampanye dan partai agar dapat menurunkan APK masing-masing pada masa tenang, sebelum tim kami turun ke lapangan pada tanggal 15-16 April untuk membersihkan APK.
Dia juga menceritakan tentang masalah kekurangan pengawas hingga dilakukan perpanjangan perekrutan sehingga semua TPS yang ada di Kabupaten Banjar sudah dapat diawasi seluruhnya oleh Bawaslu.
Dia berharap agar KPU mengimbau setiap TPS menyiapkan penerangan untuk perhitungan suara, karena dalam beberapa simulasi yang dilakukan perhitungan suara selesai pada tengah malam.
Hal ini dimungkinkan berdasarkan keputusan MK yang memberikan izin apabila perhitungan suara tidak selesai pada tanggal 17 April, maka akan diberikan 12 jam tambahan pada tanggal 18 April untuk menyelesaikan rekapituasi perhitungan surat suara.
Selain itu, Fajeri Tamzidillah juga mengingatkan pengalaman selama pemilu 2014 yang lalu, dimana terjadi kasus tertukarnya surat suara, yang mana seharusnya dapil 3 tapi berisi surat suara untuk dapil 4. Hal ini perlu menjadi perhatian KPU agar tidak terulang lagi.
Dia meminta petugas KPU di lapangan bisa mengecek seluruh komponen yang masuk, agar tidak sampai tertukar.

Juga distribusi kotak suara juga harus diperhatikan, karena beberapa waktu yang lalu ada kotak suara yang basah saat pengiriman ke salah satu kecamatan, sehingga harus diganti. Ini harus jadi perhatian bersama. (MC Kominfo Kab.Banjar/Ags/Man/Hendy

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...