Pemkab Banjar Luncurkan Angkutan Bus Sekolah

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Guna mendukung program pemerintah mewujudkan implementasi Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) jalan, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar melaunching Bus Angkutan Sekolah (Bungas).
Launching langsung dilakukan Bupati Banjar, H. Khalillurrahman, di SMP Negeri 3 Martapura, Komplek Sa’adah, Sungai Paring, Martapura, Rabu (31/7/2019) pagi.
Angkutan pelajar ini menggunakan 10 armada untuk melayani 5 sekolah di Martapura, yaitu SMPN 3 Martapura, SMPN 1 Martapura, MTs 6 Martapura, MTs Antasari dan MTs Hidayatullah.
Menurut Bupati Khalilurrahman, pelayanan Bungas bagi siswa sekolah menengah di wilayah Kabupaten Banjar, dapat meningkatkan aspek keselamatan siswa, sehingga dapat mewujudkan Zero Accident (kecelakaan nol). “Angka kecelakaan tertinggi salah satu penyebabnya adalah anak sekolah yang masih di bawah umur, belum layak mendapat SIM,”ujar Khalilurrahman
Inovasi Bungas juga dapat mendukung Go Green meminimalisir polusi udara, mengurangangi kemacetan, mempertahankan predikat nasional Kabupaten layak anak, serta tetap mempertahankan Penghargaan Nasional Wahana Nugraha (WTN).
“Agar pengoprasian Bungas dapat berjalan lancar, saya berpesan kepada Dishub bersama Satlantas Polres Banjar agar penegakan hukum bagi anak-anak yang di bawah umur untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor roda dua,” tegas Khalilurrahman
Kepada orang tua siswa yang tidak bisa mengantar anaknya ke sekolah agar anaknya ikut bergabung dengan Bungas, sedangkan Komite Sekolah diminta agar dapat membantu mempasilitasi dalam sosialisasi monitoring maupun evaluasi sebagaimana mestinya.
“Besar harapan kedepannya ada kerjasama dengan Perusahaan Daerah maupun Swasta di Kabipaten Banjar untuk membantu program melalui CSR,” tutup Khalilurrahman
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, Aidil Basith mengatakan program Bungas ini terlaksana atas kerjasama antara sekolah, orang tua siswa dan Organda. “Jadi Bungas ini adalah program angkutan bagi siswa menggunakan armada angkutan kota atau taksi hijau. Jadi mereka akan berangkat dan diantar sekolah menggunakan armada Bungas ini,” ujarnya.
Diterangkan, pada 12 hari awal peluncuran program ini, siswa yang mengikuti program ini tidak dipungut biaya sama sekali. Baru setelah 12 hari siswa akan membayar Rp8.000,00 per hari. Siswa akan membayar pada komite sekolah yang akan mengurus pembayaran pada para supir.
Ia menambahkan tujuan program ini untuk memfasilitasi para siswa SMP yang secara aturan tidak diperbolehkan untuk menggunakan sepeda motor dan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.
“Ada 2 rute, yaitu rute pertama dari Pesayangan menyusuri Jalan Mantri Ampat dan Veteran menuju Sungai Sipai dan berakhir di Cindai Alus, sedangkan rute kedua mulai dari Tanjung Rema menuju Sekumpul, Karang Intan dan Tunggul Irang,”jelasnya.
Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Martapura, Rudi Ante sangat bersyukur program yang ditunggu-tunggu sejak lama ini diresmikan. “Kami mendukung penuh program Dishub Kabupaten Banjar ini. Program ini sangat membantu sekolah dan orang tua siswa,” ungkapnya.
Rudi Ante mengatakan orang tua dan sekolah merasa tidak lagi was-was dengan anak mereka saat berangkat dan pulang sekolah. (MC-Kominfo Kab.Banjar/Ags/Man/Dani/YR)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...