Pemkab Banjar Siapkan Strategi untuk Mewujudkan Masyarakat yang Produktif dan Aman Terhadap Covid-19

Pemerintah Kabupaten Banjar memasuki strategi baru dalam rangka percepatan Covid-19 di Kabupaten Banjar dan arah strategi menuju ke New Normal, sehubungan dengan telah selesainya masa PSBB di Kabupaten Banjar.

Hal ini disampaikan oleh Sekda Banjar HM Hilman dalam rapat koordinasi dan evaluasi PSBB di Kabupaten Banjar, yang didampingi Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Perwakilan dari Polres Banjar Kabag Ops Kompol H. Syaiful Bob, Kepala DPRD Kabupaten Banjar HM Rofiqi, dan Kajari Banjar Muji Martopo. Hadir pula para Asisten Bupati, para Kepala SKPD Banjar, para Camat dan tamu undangan lainnya yang bertempat di Aula Barakat Martapura, Rabu (03/06/2020).
Sekda Banjar HM Hilman menjelaskan, jika berbicara mengenai New Normal persyaratan-persyaratan terkait dengan hal tersebut masih perlu dibahas dan dipelajari. Namun sudah disepakati bahwa pelaksanaan PSBB untuk tidak dilanjutkan. Begitu PSBB ini tidak dilanjutkan, pada saat masa transisi setelah tanggal 29 Mei berakhir PSBB, masyarakat kembali seperti keadaan biasa. Maka dari itu, perlu di informasikan bahwa strategi baru untuk mewujudkan masyarakat produktif dan aman Covid-19, dengan penerapan protokol kesehatan, guna mencegah penularan Covid-19 di wilayah Kabupaten Banjar, yang sekarang dikenal dengan istilah New Normal.
“Strategi yang kita ambil menuju New Normal penerapannya di Kabupaten Banjar yaitu menentukan fase-fase pelonggaran pembatasan sosial di wilayah Kabupaten Banjar, sudah disepakati Forkopimda ada 6 lokasi yang kita mulai melakukan pelonggaran pembatasan sosial yaitu untuk masyarakat tetap produktif terkait dengan ekonomi pasar yang sudah disepakati dibuka adalah pasar gambut, pasar martapura, pasar subuh dan pasar kertak hanyar serta pasar-pasar Modern seperti Giant, Indomaret, Supermarket dan lain sebagainya. Kemudian tempat ibadah yang dibuka dimulai dari Mesjid Al-Karomah Martapura, insyaallah hari Jum’at ini sudah bisa melaksanakan Sholat jum’at di Mesjid Al-Karomah dengan penerapan protokol kesehatan yang ada,” paparnya.
“Untuk mendukung pelaksanaan tersebut, seperti sebagaimana New Normal, agar protokol kesehatan bisa dilaksanakan dengan baik oleh masyarakat kita, maka dibantu oleh aparat keamanan dalam hal ini TNI dan Polri dan juga dengan protokol keamanan dan ketertiban lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar yang terkait dengan hal ini adalah Satpol PP dan dijalan raya adalah Dinas Perhubungan,” tambahnya.
Sementara itu, Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan pihaknya dari aparat keamanan mendukung sepenuhnya pada pelaksanaan New Normal.
“Aparat kita siap melakukan pengawasan pada protokol kesehatan, dan melakukan pendekatan agar mengubah budaya sadar ikhlas masyarakat menjalankan protokol kesehatan,” ungkapnya.
Dandim 1006/Martapura juga menjelaskan inti dari pelaksanaan New Normal tersebut agar masyarakat tetap produktif dan aman Covid-19, yakni terciptanya pendisiplinan seluruh masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan. (MC Kominfo Kab. Banjar/Zidan/Prs)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?