Pemkab Banjar Terus Kembangkan Portal Layanan Publik

Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar mempresentasikan Portal Layanan Publik, Aplikasi CCTV, Aplikasi Tracking Kendaraan Operasional, Aplikasi Satu Data, dan Aplikasi untuk Rekomendasi BTS, bertempat di Command Center Barokah, Mahligai Sultan Adam, Martapura Kabupaten Banjar, Senin (16/3/2020).
Bupati Banjar KH Khalilurrahman didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman menyaksikan langsung presentasi dari Bidang E-Government Dinas Kominfo Kabupaten Banjar.
Bupati Banjar berharap dengan adanya aplikasi tersebut. Pemerintah Kabupaten Banjar dapat memantau kegiatan dari setiap Pelayanan Publik dan Ruang Publik Terbuka yang ada di Kabupaten Banjar.
“Semoga dengan pengembangan aplikasi dan portal layanan ini dapat mempermudah informasi yang cepat dan terintegrasi dalam memantau perkembangan Pemerintah Daerah, yang dapat diakses oleh masyarakat Kabupaten Banjar, seperti CCTV, Layanan RSUD Ratu Zalecha, serta layanan lainnya yang ada di Kabupaten Banjar,” ungkapnya.
KH Khalilurrahman meminta agar setiap SKPD bisa berkoordinasi dengan Kominfo untuk mengintegrasikan setiap layanan agar dapat terpantau melalui Command Center Barokah ini.
Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Aidil Basith mengatakan, Dinas Kominfo Kabupaten Banjar berusaha semaksimal mungkin menyusun sebuah Portal Layanan yang terdiri dari layanan umum dan layanan kepegawaian guna mewujudkan Sistem Pemerintahan yang Berbasis Elektronik.
“Portal ini adalah satu pintu masuk dari semua aplikasi dan bertujuan untuk mengamankan aplikasi-aplikasi yang ada, karena di portal ini Kominfo sudah memproteksi dengan keamanan informasi,” tandasnya.
Selain itu, Dinas Kominfo juga mengembangkan layanan umum diantaranya CCTV untuk memantau wilayah di Kabupaten Banjar, dimana pada tahun 2020 ini ditambah 10 CCTV yang harapannya dapat dipergunakan secara optimal seperti pada perhelatan acara Haul Abah Guru Sekumpul.
Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Dinas Kominfo Kabupaten Banjar, Cornelius Kristianto menambahkan bahwa aplikasi Tracking juga menjadi perhatian, guna memantau kendaraan operasional Pemerintah Kabupaten Banjar. Dikembangkan juga aplikasi dalam rangka mendukung satu data Kabupaten Banjar. Aplikasi tersebut onlinedan realtime serta petugas yang menggunakan akan dibekali dengan smartphone ataupun dengan laptop agar bisa mengoperasikan di manapun berada.
“Bupati bisa langsung mengamati di Command Center sehingga setiap perubahan data akan terupdate saat itu juga dan diharapkan seluruh SKPD akan mendukung, contohnya Badan Pendapatan Daerah, melalui aplikasi yang telah terhubung ke command center, begitu ada uang masuk ke Kas Daerah, data di Command Center akan langsung berubah, sehingga dapat langsung dievaluasi capaian target penerimaan PAD melalui aplikasi ini,” jelasnya.
“Harapannya semua SKPD bisa menyatu di Portal Layanan ini dalam rangka mewujudkan visi Bupati Banjar untuk mencapai Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah,” tutupnya.
Pada kesempatan tersebut juga dipresentasikan aplikasi yang dikembangkan oleh Dinas PUPR Kabupaten Banjar. (MC Kominfo Kab. Banjar/Zidan/Prs)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?