PEMKAB BANJAR UPAYAKAN KESEJAHTERAAN DAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT DI KECAMATAN

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bupati Banjar, H Khalilurrahman, pada Selasa (2/10) membuka secara resmi kegiatan Rakor Camat se Kabupaten Banjar, di Aula kantor kecamatan Cintapuri Darussalam.
Pada kesempatan ini, Bupati Banjar menejelaskan bahwa pembangunan di kecamatan-kecamatan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan.
” Semua itu dapat dilakukan dengan cara penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan SDA dan lingkungan secara berkelanjutan,” jelas Bupati Banjar.
H Khalilurrahman juga menyampaikan ada lima sebagai wujud komitmen pemerintah daerah dalam mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan, perlu komitmen bersama dalam hal diantaranya, pertama pelimpahan kewenangan sebagai urusan otonomi daerah khususnya urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dari Bupati kepada camat menjadi hal yang mutlak untuk dilaksanakan dalam rangka efektifitas dan efesiensi.
Kedua, Sebagai organisasi perangkat daerah yang berbasis kewilayahan, kecamatan sepantasnya diberikan peluang untuk menyusun usulan-usulan kegiatan teknis rasional dan berkonsekuensi pada pendanaan berbasis kinerja seperti yang dilakukan oleh organisasi perangkat daerah lainnya.
Ketiga, Penguatan kelembagaan dan Sumber daya Manusia kecamatan harus dimaknai sebagai proses investasi kepemimpinan lokal jangka panjang untuk mendukung tugas pokok dan fungsi organisasi kecamatan sehingga camat akan menjadi makhluk sosial pembawa perubahan dan inovasi yang mampu mendeteksi kebuntuan masalah yang berkembang diwilayahnya dengan mencari solusinya.
Keempat, Perlu dilakukan peningkatan manajemen pelayanan publik dan gagasan inovasi pelayanan publik wilayah kecamatan yang sepenuhnya dilakukan dalam rangka mendukung terciptanya pelayanan publik yang bermutu, efektif dan efesien.
Kelima, Optimalisasi pelaksanaan urusan Pemerintahan Umum secara konkrit untuk diimplementasikan, disinilah Camat melaksanakan tugas negara dalam rangka menciptakan kondisi yang dinamis, aman, tertib dan sinergi antara berbagai elemen pemerintah-masyarakat dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Berdasarkan hal-hal tersebut, Bupati berharap melalui Rapat Koordinasi ini dapat memberikan pemahaman bagi camat sebagai perangkat daerah yang strategis sebagai inovator pelayanan publik di kecamatan dan sebagai perwakilan pemerintah kabupaten diwilayah kecamatan dalam penyelesaian permasalahan dan pembangunan di wilayahnya.
Lebih lanjut dirinya mengatakan, pembangunan kawasan perdesaan merupakan perpaduan pembangunan antar desa dalam satu kabupaten sebagai upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan masyrakat desa.
“Sejalan dengan tuntutan dan dinamika pembangunan bangsa, perlu dilakukan pembangunan perdesaan, melalui pendekatan pembangunan partisipatif. Sehingga rancangan pembangunan kawasan perdesaan dibahas bersama oleh Pemerintah Daerah Kabupaten dan kecamatan serta Pemerintah Desa” kata H Khalilurrahman.
Untuk itu dirinya berharap kegiatan Rakor ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya, dan kepada seluruh peserta dapat mengikuti rakor ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memberikan hasil dan manfaat bagi pembangunan Kabupaten Banjar.

Source:: HUMAS

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X