Pemusnahan Ribuan Tikus Sawah

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Bupati Banjar Semai Padi perdana, Pencanangan Gerakan Pengendalian Hama Tikus Sekaligus Pengukuhan Kelompok Tani se-Kecamatan Martapura Timur di Desa Tambak Anyar, Kabupaten Banjar, Selasa (11/12/2018).
Bupati Banjar H Khalilurrahman didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudhatul Wardiyah, turut hadir juga Dandim 1006 Martapura M Goffar Ngismangil, Kepala SKPD Kabupaten Banjar, Camat Martapura timur, dan Kepala Desa.
Bupati Banjar H Khalilurrahman beserta jajaran langsung turun menuju lahan yang akan dilakukan penyemaian benih anak padi, dan juga melakukan pemberian asap belerang di lobang yang menjadi sarang tikus, agar cepat mati.
Dalam subutannya Bupati Banjar H Khalilurrahman, atas nama Pemerintah Kabupaten Banjar mengapresiasi atas kegiatan semai padi perdana dan pencanangan gerakan pengendalian hama tikus sekaligus pengukuhan kelompok tani di desa Tambak Anyar Kecamatan Martapura Timur ini.
Guru Khalil, sapaan akrab Bupati Banjar menyambut gembira dimulainya semai perdana padi periode musim hujan 2018 2019 serta mendukung penuh pencanangan gerakan pengendalian hama tikus dan sekaligus pengukuhan seluruh kelompok tani pada hari ini di desa Tambak Anyar Kecamatan Martapura Timur.
Bupati Banjar Berharap mudah-mudahan melalui kegiatan ini kita dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Kabupaten Banjar dan yang terpenting adalah kita dapat mempertahankan Kabupaten Banjar sebagai lumbung pangan di Kalimantan Selatan dengan slogan “kindai limpuar” serta sebagai upaya dalam mewujudkan Indonesia menuju lumbung pangan Dunia tahun 2045.
Bupati Banjar menyampaikan ini telah memasuki musim tanam periode musim hujan 2018/2019, salah satu yang harus kita persiapkan adalah pemberantasan sarang tikus, tikus merupakan merupakan, tikus merupakan merupakan salah satu hama utama tanaman padi yang dapat menyerang dari mulai pembibitan sampai panen.
H khalilurrahman mengatakan, tikus ini merupakan hewan yang berkembang biak cepat sekali mampu melahirkan 10-12 anak, sementara dalam rahimnya mampu mengakomodasi 18 embrio (calon anak tikus), dengan masa bunting 21-23 hari. tikus dapat beranak 6 sampai 8 kali dalam setahun, pada kondisi yang baik dan dari 3 pasang tikus selama 13 bulan akan melahirkan 2046 ekor tikus.
Untuk itu, kita harus secepat mungkin menekan serangan hama tikus ini agar tidak meluas ke area lainnya, pengendalian hama tikus tidak bisa kita lakukan secara perorangan, tetapi harus dilakukan secara bersama-sama dan harus sering dilakukan, dan saya minta pemberantasan hama tikus tidak hanya pada saat ini dicanangkan saja, lakukan secara terus-menerus konsisten libatkan seluruh pihak yang terkait.
Guru Khalil mengucapkan selamat kepada kelompok tani “Harapan Makmur” yang baru dikukuhkan. Saya berpesan agar terus mengembangkan dan meningkatkan usaha taninya sehingga menjadi kelompok tani yang kuat dan mandiri ajaklah generasi muda anak keturunan kita untuk selalu mencintai bidang usaha pertanian.
Mari kita bersatu padu bekerja membangun ketahanan pangan yang kuat dan mandiri, untuk mewujudkan sektor pertanian yang lebih maju sehingga pendapatan dan kesejahteraan petani di Kabupaten Banjar terus meningkat lebih baik lagi.
Sebelumnya telah dikukuhkan oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman kelompok tani Harapan Makmur se-Kecamatan Martapura Timur, sebanyak 99 kelompok tani. Diantaranya kelompok tani kelas pemula 74 kelompok dan kelompok tani kelas lanjut 25 kelompok.(MC-Kominfo-Kab.Banjar/Prs/Man/Dessy/Eyv)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...