Penarik Becak Ramai-Ramai Plontos Jelang Ramadan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Martapura, infoPublik – Berbagai cara masyarakat di Kabupaten Banjar menyambut bulan Ramadan. Ada yang mempercantik rumah, ada yang membersihkan masjid atau langgar ada pula yang sibuk menyiapkan makanan untuk dibagi-bagikan kepada muslim yang berpuasa.
Lain lagi yang dilakukan oleh para penarik becak di Kota Martapura Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Mereka ramai-ramai mencukur habis rambut di kepala mereka menjadi plontos.
Cukur rambut hingga botak untuk para abang becak ini merupakan kegiatan amal yang diselenggarakan oleh sebuah club pecinta modifikasi motor, di kota tersebut. Anak-anak muda penghobi modifikasi motor ini menyediakan jasa cukur rambut gratis bagi para penarik becak, di halaman Gedung Juang Martapura, Selasa (15/5).
Selain menyediakan jasa cukur rambut, perkumpulan penyuka motor ini juga membagi-bagikan sembako bagi penarik becak yang sudah mencukur rambut mereka.
Kegiatan amal tersebut ternyata cukup menarik minat para penarik becak di Kota Martapura. Mereka tam[ak sabar menunggu giliran untuk bercukur.   “Saya ikut cukur gratis ini karena tidak perlu mendatangi tukang cukur. Selain itu juga di sini tidak bayar,” ujar Pak Apuh, seorang penarik becak motor.
Menurutnya, mencukur rambut menjelang puasa merupakan kebiasaan lama yang dilakukan oleh para orang tua secara turun temurun khususnya masyarakat Kabupaten Banjar.
Mencukur rambut menjelang bulan Ramadan, diyakini sebagai salah satu syarat rukun sebelum menjalankan ibadah puasa. Puasa dan mengerjakan ibadah lainnya selama Ramadan akan lebih khusuk, setelah mencukur rambut.
“Seakan semua najis yang ada hilang, dengan kita mencukur rambut,” jelasnya.
(MC-Kominfo-Kab.Banjar/Andri/Zain/Dani)

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X