PENYULUHAN PERTANIAN DI KECAMATAN ARANIO

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Penyuluhan pertanian diselenggarakan untuk kepentingan sasaran yaitu pelaku utama/petani dan pelaku usaha yang bergabung dalam kelompok tani maupun Gabungan Kelompok Tani, agar mereka mau, mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan dan sumberdaya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraannya serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian lingkungan hidup. Untuk itu Penyuluh pertanian yang bertugas di Desa/kelurahan merupakan pelaksana utama penyuluhan pertanian. Seperti kegiatan penyuluhan pertanian yang diselenggarakan oleh Petugas Penyuluh Lapang (PPL) di Kecamatan Aranio. Sistem kerja LAKUSUSI diselenggarakan melalui tahapan penetapan jadwal yang telah disesuaikan dengan keadaan di BPP Kecamatan Aranio. Jadwal kunjungan rutin yang telah disepakati disesuaikan berdasarkan kesepakatan antara PPL dengan Kelompok Tani/ Gabungan kelompok Tani. Pada senin 30 Juli 2018 Tim PPL Kec. Aranio melaksanakan kunjungan (anjangsana) ke Kelompok tani di Desa Benua Riam dan Desa Kalaan karena dua Desa ini berdekatan maka kegiatan anjangsana dilakukan dihari yang sama.

Desa Benua Riam dengan luas wilayah 59 Km² atau 5.964 ha berada di Kecamatan Aranio di sebelah utara berbatasan dengan Desa Kalaan, dengan jarak kantor Desa ke kantor Kecamatan sekitar 16 Km. Secara administratif Desa ini berada dalam wilayah binaan BPP Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar.

Desa Benua Riam berada pada ketinggian 300-400 m dpl dengan keadaan topografi daerah berbukit-bukit serta pegunungan dengan kemiringan lahan 40% s/d  59%. Kepadatan penduduk sejumlah 652 jiwa difasilitasi kelembagaan pelayanan desa yaitu transportasi air, penggilingan padi, LKMD, PKK, Posyandu, Poskesdes dan Posluhdes.

Warga Desa Benua Riam yang tergabung dalam kelompok tani binaan secara rutin dikunjungi oleh tim PPL Kecamatan Aranio di Posluhdes. Didesa ini ada 5 kelompok tani yang dibina yaitu kelompok tani Bina Warga I, Bina Warga II,  Harapan Kita, Karya Bersama dan kelompok tani  Padi Menguning. Untuk sampai ke Desa ini PPL harus menggunakan transportasi air yang membutuhkan biaya cukup besar, untuk mensiasati agar kegiatan penyuluhan dapat berjalan, pembinaan petani di desa- desa terpencil dapat dilaksanakan maka PPL  di kecamatan Aranio turun ke lapangan bersama-sama dalam bentuk tim untuk melakukan anjangsanan ke desa- desa yang saling berdekatan, sehingga ongkos yang dikeluarkan dapat ditanggung bersama seperti pepatah lama “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing” jarak yang jauh, medan jalan yang sulit untuk ditempuh, biaya besar yang harus dikeluarkan ternyata tidak menyurutkan langkah PPL Kecamatan Aranio. Keadaan ini justru membuat para PPL Kec.Aranio ini semakin solid. Secara bersama-sama mereka mengunjungi wilayah binaan secara bergantian untuk mengoptimalkan kelembagaan Tani yang ada di desa- desa terpencil, hal ini membuktikan betapa optimalnya upaya yang dilakukan penyuluh pertanian khususnya di Kecamatan Aranio untuk berperan dalam mendukung keberhasilan program pemerintah. (Dwi/KJF-TPH Kab.Banjar)

Source:: DTPH

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X