Perbaiki 10 Puskesmas, Bupati Banjar Penuhi Janjinya

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar melakukan perbaikan dan pembangunan 10 unit pelayanan teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan satu unit instalasi farmasi. Perbaikan dan pembangunan puskesmas merupakan salah satu janji Bupati H Khalilurrahman dalam visi misi beliau.
Salah satu Puskesmas yang dibangun adalah UPT Puskesmas Martapura 2 yang direlokasi dari tempat semula di Kelurahan Pesayangan, Kecamatan Martapura, ke Kelurahan Keraton RT 22 RW. 08 Kecamatan Martapura.
Pembangunan puskesmas baru tersebut dimulai pada Selasa (10/7) kemarin, yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati H Khalilurrahman didampingi Sekretaris daerah Banjar H Nasrunsyah dan Kepala Dinas Kesehatan Ikhwansyah, Mkes.
“Sesuai dengan visi dan misi saya, yakni berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Banjar sehingga kemudian bisa meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Kabupaten Banjar,” ujar bupati.
Khalilurahman menerangkan, UPT Puskesmas yang dibangun di Kelurahan Keraton ini merupakan relokasi UPT Puskesmas terdahulu yang berada di Desa Pasayangan. “Kita lakukan relokasi karena UPT Puskesmas yang di Pasayangan itu sudah tidak layak lagi dan tempat parkirnya tidak ada, jadi kita pindah kesini. Gedung yang lama itu akan kita jadikan rumah singgah,” terangnya.
Dikatakan, bahwa selain sektor kesehatan, visi dan misi bupati juga pada sektor Pendidikan dan peningkatan infrastruktur, baik jalan dan jembatan. “Saya berharap, dengan dibangunnya puskesmas di tempat yang lebih refresentatif, maka pelayanan kesehatan juga semkain meningkat dan masyarakat bisa dilayani dengan baik,” tandas bupati.
Kepala Dinas Kesehatan Ikhwansyah menerangkan, pembangunan dan perbaikan puskesmas dilakukan menggunakan anggaran dana alokasi khusus (DAK) APBN. Selain membangun bangunan baru, sebagian besar dilakukan rehab total pada bangunan puskesmas lainnya.
10 Puskesmas yang dilakukan perbaikan yakni, Puskesmas Martapura 2, Puskesmas Aluh-Aluh, Puskesmas Mataraman, Puskesmas Karang Intan 2, Puskesmas Astambul, Puskesmas Martapura Barat dan Puskesmas Martapura Timur.

Selain itu juga dilakukan rehab pada bangunan Puskesmas Sungai Tabuk 2, Puskesmas Sungai Tabuk 3, Puskesmas Puskesmas Kertak hanyar dan satu unit Instalasi farmasi. “Perbaikan puskesmas ini, juga sesuai dengan syarat akreditasi, sehingga jika sekarang sudah 16 puskesmas yang terakreditasi, sisanya sebanyak 8 puskesmas juga akan menyusul,” jelasnya.(MC-Kominfo-Kab.Banjar/faris/dani)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X