PERPUSTAKAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Martapura, 21-09-2016. Sinergi program kegiatan dalam pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi di Pemerintah Kabupaten Banjar dengan Coca-Cola Foundation menjalin kerjasama melalui Program PerpuSeru yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penyediaan layananan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat, oleh karenanya staf perpustakaan diberikan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan komputer dan internet terkait dengan peningkatan layanan teknologi informasi dan komunikasi, pelatihan advokasi dan membangun kemitraan, dan pelatihan pelibatan masyarakat.

img_7548Program PerpuSeru memberikan stimulan kepada mitra perpustakaan untuk peningkatan layanan teknologi informasi dan  komunikasi, berupa 4 unit komputer untuk setiap perpustakaan, 3 unit komputer untuk setiap perpustakaan desa dan TBM (Taman Bacaan Masyarakat), piranti lunak (software) pendukung dan jaringan internet. Tujuan dari stimulan ini adalah mendorong perpustakaan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana layanan TIK, baik dari sisi penambahan jumlah unit komputer dan penambahan bandwidth internet di perpustakaan. Untuk penyediaan jaringan internet dan peningkatan bandwidth internet di perpustakaan dengan harga terjangkau, program PerpuSeru telah bermitra dengan PT. Telkom Indonesia Tbk yang merupakan badan usaha telekomunikasi di Indonesia.

Advokasi dan membangun kemitraan perlu dilakukan untuk mendapatkan dukungan kebijakan dan penganggaran untuk keberlanjutan pengembangan perpustakaan. PerpuSeru menyadari bahwa pengembangan perpustakaan tidak bisa berkelanjutan jika hanya dilakukan oleh perpustakaan dan PerpuSeru saja, untuk itu diperlukan dukungan dari pihak pemerintah dan sektor swasta. Advokasi dan kemitraan merupakan salah satu komponen dalam peningkatan kapasitas staf perpustakaan sehingga diharapkan perpustakaan mampu untuk melakukan advokasi dan membangun kemitraan dengan pihak-pihak yang dapat mendukung keberlanjutan pengembangan perpustakaan.

img_7545Memberdayakan masyarakat Indonesia untuk menghasilkan perubahan sosial yang positif dengan mentransformasi perpustakaan umum menjadi terbuka, dapat diakses masyarakat untuk mendapatkan kesempatan, kreativitas, pengetahuan dan pembelajaran. Untuk mengurangi kemiskinan informasi dan meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat di Indonesia dengan mentransformasi perpustakaan daerah dan desa menuju pusat informasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan masyarakat melalui peningkatan akses terhadap teknologi dan layanan yang relevan.

Pertemuan dengan para stakeholder dilaksanakan di Aula Bappeda Banjar yang dihadiri oleh beberapa SKPD diantaranya Dishubkominfo, Disperindag, Dinas Kesehatan, Disdukcapil, PT. Telkom Indonesia Tbk dan para pengembang UMKM di Kab. Banjar. Dalam sambutan pembukaan pertemuan para stakeholder oleh Sekda Kab. Banjar Ir. H. Nasrun Syah, MP mengatakan bahwa kegiatan program ini sangat baik dan mendukung segala upaya yang telah dilakukan oleh pihak Coca-Cola Foundution serta segenap SKPD yang telah melaksanakan MoU dalam rangka pelayanan kepada masyarakat dalam rangka mengimplementasikan menambah wawasan dan ketrampilan dibidang IT terhadap masyarakat luas. (H2Fz).

 

Source:: DISHUBKOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X