PERTEMUAN APLIKASI KELUARGA SEHAT DINAS KESEHATAN KABUPATEN BANJAR

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Rabu & Kamis Tanggal 31 Oktober 2018 s.d 1 November 2018, dilakasanakan Kegiatan Pertemuan Aplikasi Keluarga Sehat dari Seksi Data Informasi Kesehatan dan SDMK Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar di Aula Hotel Aston Banua, acara dibuka oleh Bapak H. Eko Subiyanto, Bsc,. Sekretaris Dinas Kesehatan dalam hal ini mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dalam sambutan beliau “untuk menuju Indonesia Sehat terutamanya diwilayah Kabupaten Banjar, kita dari sektor kesehatan harus bergerak dan keluar dari zona nyaman, dengan adanya Aplikasi Keluarga Sehat yang di install pada Smartphone para petugas kesehatan langsung bisa mengunjungi rumah-rumah warga untuk memeriksa dan mendata kesehatan keluarga”. Dalam acara ini dinas kesehatan mengundang Narasumber dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementrian Kesehatan RI, dan Dinas kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, dan Dihadiri oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Goverenment dari Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar.

Dalam mendukung Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) memudahkan pendataan dan analisisnya, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) telah membuat aplikasi yang bernama Aplikasi Keluarga Sehat. Dalam proses pendataan keluarga menggunakan aplikasi yang dibuat oleh Pusdatin terdapat perubahan dari aplikasi yang lama bernama Prokesga pada tahun 2015 menjadi aplikasi baru yang bernama Keluarga Sehat mulai tahun 2016 hingga kini.

                 Aplikasi Keluarga Sehat terdiri dari aplikasi web dan aplikasi android. Aplikasi web, terdiri atas tiga modul: administrator, dashboard, dan kuesioner. Administrator digunakan untuk pengaturan menu dan pengaturan pengguna. dashboard, digunakan untuk menyajikan output data jumlah keluarga yang telah dilakukan pendataan menurut wilayah dan output data agregat hasil perhitungan data lapangan, dan kuesioner, digunakan untuk entri data lapangan secara online.

Disamping itu Dinas Kesehatan memfasilitasi berupa 120 Smart Phone Android kepada Enumerator (Petugas lapangan) yang mendata kesehatan keluarga yang bertujuan untuk menunjang program pemerintah “Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK)” dan untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Indonesia yang menjadi program utama Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Banjar. “Demi tercapainya kabupaten banjar yang sehat kami akan selalu berusaha memfasilitasi kepada petugas-petugas kesehatan dan Puskesmas yang merupakan ujung tombak dari segi kesehatan” Tegas Dedi Kurniadi, SKM (Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Banjar)

Dalam kesempatan ini Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar menawarkan bantuan kepada Dinas Kesehatan berupa Pemasangan Jaringan Internet di UPT. Puskesmas yang masih belum ada jaringan internet melalui fasilitasi Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, tentunya ini sangat membantu bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dalam memperoleh data-data dari puskesmas yang berbasis online, dan meningkatkan pelayanan kesehatan UPT. Puskesmas kepada masyarakat.

Dalam penyampaian dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Aplikasi Keluarga Sehat ini mendukung dalam penilaian Akreditasi Puskesmas dari segi Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Dinas Kesehatan Provinsi berharap setidaknya ada 1 (satu) Puskesmas yang terakreditasi paripurna di masing-masing Kabupaten khususnya di Kabupaten Banjar.

Source:: DINKES

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X