PIK Kabupaten Banjar Ikuti Jambore dan Ajang Kreatifitas GenRe Tk. Propinsi Th. 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Tim PIK Kabupaten Banjar ikut berpartisipasi dalam acara jambore dan Ajang Kreatifitas GenRe yang diselenggarakan BKKBN Provinsi Kalsel, acara berlangsung selama tiga hari, dari hari jum’at 27 sampai minggu 29 Juli 2018 yang bertempat di Hotel Royal Jelita Banjarmasin.
Dari Kabupaten Banjar sendiri mengirimkan 4 anggota PIK remaja jalur pendidikan, dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Banjar untuk mengikuti serangkaian kegiatan berupa sosialisasi dan perlombaan, 5 orang anggota PIK perwakilan Kab. Banjar yaitu M. Rezian Abqoriy dari PIK R Melati Muda Kec. Karang Intan, Renita Anti Yuliani dari PIK Prima SMAN 2 Martapura, M. Sayuti dari PIK SMPN 3 Martapura, serta M. Huda Inayaturrahman dari PIK Tunas Muda SMAN 1 Gambut.
Acara ini sendiri dibuka oleh Kepala BKKBN Provinsi Kal-Sel yang diwakili oleh Ir. Hj. Mila Rahmawati, MS selaku Kabid KS BKKBN Provinsi kal-Sel dan dihadiri oleh Muhammad Ardani selaku Kasubbid Bina Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Prov. Kalsel, serta para Kasi dan dan Kabid dari tiap SKPD terkait yang mendampingi peserta dari tiap tiap Kabupaten di Kalimantan Selatan. Dalam sambutannya Ir. Hj. Mila Rahmawati mengucapkan terimakasih atas kesediaan para peserta maupun pendamping yang sudah berhadir dalam kegiatan tersebut, beliau menekankan banyaknya teknologi media sosial akan membentuk karakter dan opini menjadi pokok permasalahan yang akan berdampak negatif bagi remaja.”inilah konsepsi yang mampu berdaya saing bagi PIK remaja, sehingga mampu menghadapi isu strategis pasar perdagangan bebas serta dapat menghadapi permasalahan yang dialami bagi remaja saat ini,” ujarnya.
Adapun kegiatan yang digelar yaitu sosialisasi kepada para peserta dari duta GenRe Provinsi Kalsel, serta berbagai perlombaan adu kreatifitas diantaranya lomba bercerita bahasa banjar, senam kreasi, serta pembuatan video promosi yang bertema “Kalsel Tolak Pernikahan Dini”.
Perwakilan PIK Kab. Banjar Dalam lomba bercerita bahasa Banjar yaitu M. Sayuti yang mengangkat judul “Kaina haja Kapalaminan” disertai madihin, sementara senam kreasi dan video promosi oleh Huda, Renita dan Rezian.
Kagiatan jambore ini sendiri dipadupadankan dengan pemilihan Duta GenRe Provinsi Kalsel 2018 ditempat yang sama, hingga puncaknya pada hari minggu 29 Juli 2018, pemenang lomba jambore dan ajang kreatifitas GenRe yang terpilih sebagai juara yakni Kab. Tabalong sebagai juara pertama dalam lomba Bercerita Bahasa Banjar, disusul Kab. Balangan dan HST sebagai juara 2 dan 3, sementara lomba senam kreasi dijuarai Kab. HSU, serta Kotabaru dan Tanah Laut sebagai juara 2 dan 3, terakhir dalam lomba video promosi dari Tapin sebagai juara pertama, Banjarbaru juara 2 dan juara 3 dari Banjarmasin.
Huda, salah satu peserta perwakilan Kab. Banjar mengutarakan kekecewaannya karna belum bisa membawa kemenangan bagi kab. Banjar, tapi dia dan kawan-kawan semakin termotivasi untuk bisa memberikan yang lebih baik lagi di tahun depan, ungkapnya. Tapi kami senang dapat berpartisipasi dalam acara ini, selain dapat info dan ilmu, banyak teman, juga bisa menghibur tambahnya.
Kegiatan Jambore dan Ajang Kreatifitas GenRe ini sendiri sudah menjadi acara tahunan, Melalui kegiatan ini, diharapkan remaja dapat menjadi pribadi yang matang sehingga mampu mempersiapkan kehidupan berkeluarga dengan sebaik – baiknya. Dapat merencanakan, serta membina keluarga kecil yang sejahtera dan harmonis nantinya. Dalam kegiatan ini peserta Jambore dibekali dengan berbagai informasi antara lain tentang 8 Fungsi Keluarga, Pendewasaan Usia Perkawinan, Triad KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) terkait bahaya narkoba, seks bebas dan HIV/ AIDS, serta pembekalan pendidikan ketrampilan (life skill education). Semuanya dikemas dalam bentuk kegiatan menarik melalui lomba-lomba, games, dan kegiatan positif lainnya.

Source:: DP2KBP3A Kab. Banjar

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X