Posyandu Memiliki Peran Penting Untuk Generasi Sehat dan Cerdas

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Martapura,InfoPublik – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Banjar terus mendorong kader posyandu yang ada di desa-desa untuk terus berinovasi, sehingga bisa mewujudukan kehidupan masyarakat desa yang sejahtera dan barokah, sesuai visi misi Bupati Banjar. Salah satunya menggelar Pelatihan Sistem Informasi Posyandu.
Pelatihan dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah yang diikuti sebanyak 40 peserta dari 20 Kecamatan di Kabupaten Banjar di Aula Barakat Martapura Pemkab Banjar, Selasa (16/4/2019).
Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah mengatakan, selaku Ketua TP. PKK Kabupaten Banjar menyambut baik Pelatihan Sistem Informasi Posyandu untuk para Kader Posyandu di Kabupaten Banjar. Sebagaimana diketahui bersama, Posyandu merupakan salah bentuk pelayanan pos kesehatan terdepan bagi masyarakat, yang harus terus berjalan aktif dan maksimal.
“Posyandu juga memiliki peran penting untuk mempersiapkan generasi emas yang sehat dan cerdas. Untuk itu, melalui Pelatihan Sistem Informasi Posyandu, saya berharap akan dapat meningkatkan kemampuan Kader-Kader Posyandu di Kabupaten Banjar, agar lebih handal terutama dalam hal penyusunan laporan data kegiatan posyandu secara tepat, cepat dan aktual,” katanya.
Lanjutnya, melalui pelatihan ini pula akan tersusun data-data yang menjadi acuan bagi Kader Posyandu, untuk memahami kondisi permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan kegiatan Posyandu dilaksanakan.
Kepada para Kader Posyandu yang mengikuti pelatihan, dirinya minta manfaatkan kegiatan ini dengan baik, serta ikuti hingga selesai. Dirinya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar, yang telah menyelenggarakan Pelatihan Sistem Informasi Posyandu bagi Kader-Kader Posyandu Kecamatan di Kabupaten Banjar pada hari ini.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Banjar, Aspihani mengatakan, keberadaan Posyandu sebagai salah satu lembaga di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar dan perlu pembinaan sehingga perlu ada pelatihan seperti yang digelar di Aula Barakat Martapura Pemkab Banjar.
Pelatihan diikuti perwakilan dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar, setiap kecamatan mengirimkan dua orang perwakilan. Posyandu ini keberadaannya sangatlah penting, selain Posyandu ada yang namanya Posyandu Terpadu dan Posyandu Banua sesuai arahan dari Pemerintah Provinsi Kalsel.
“Melalui pelatihan ini diharapkan para kader-kader posyandu di desa ada inovasi-inovasi. Seperti yang sudah dilakukan oleh Desa Cabi, yang menginovasi timbangan anak dalam bentuk pesawat terbang membuat anak-anak tidak takut ditimbang, bisa saja dari posyandu desa lainnya memodifikasinya,” ucap Aspihani.
Diharapkan agar posyandu desa melakukan inovasi, maka digelarkan lomba oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dan Dinas PMD Banjar melakukan pembinaan-pembinaan, mengingat semua SKPD haruslah bersinergi. Karena jika sudah dilombakan dan meraih juara, maka mengharumkan nama baik Pemkab Banjar. (MC Kominfo Kab.Banjar/Prs/Man/Dessy)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...