Presiden Joko Widodo Resmikan TPA Regional Banjarbakula Kalimantan Selatan

Martapura,InfoPublik – Bupati Banjar, H Khalilurrahman hadiri peresmian Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Regional Banjarbakula yang secara langsung diresmikan Presiden Joko Widodo, di Kelurahan Cempaka, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (7/2/2020).
Dalam sambutannya, Jokowi memuji sinergi antar kota dan kabupaten di Kalsel dalam pengelolaan sampah. “Ini patut di apresiasi bahwa ternyata ada model TPA yang bisa melibatkan 5 Kabupaten dan Kota di Kalimantan Selatan ini,” kata Jokowi.
Jokowi juga menyampaikan pengelolaan sampah di Kalsel patut ditiru daerah lain. “Saya melihat langsung dan berkunjung ke TPA Banjarbakula ini, dan ternyata apa yang dilakukan Gubernur Kalsel dalam pengelolaan sampah ini bisa dicontoh oleh provinsi-provinsi lain,” pungkas Jokowi.
TPA Banjarbakula merupakan TPA yang diperuntukkan oleh 5 Kabupaten dan Kota di Kalsel. Banjarbakula merupakan singkatan dari 5 nama kota dan kabupaten, yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Barito Kuala.
TPA Banjarbakula memiliki luas 15 hektar dengan 8 hektar yang sudah siap untuk menampung sampah. Tempat ini memiliki kapasitas 790 ton sampah setiap hari dan diperkirakan akan dipergunakan hingga 8 tahun ke depan.
Jokowi pun berharap agar pengelolaan sampah di TPA Banjarbakula dapat memberi nilai positif kepada masyarakat. “Dengan adanya TPA Banjarbakula ini, masyarakat harus didorong untuk dapat mengelola sampah agar ada nilai tambahnya, misalnya untuk pembangkit listrik dan energi lainnya sehingga sampah tidak lagi menjadi sumber masalah,” kata Jokowi.
Usai meresmikan, Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kabinet Kerja dan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor serta Bupati Banjar, H Khalilurrahman memanam pohon meranti di kawasan TPA Regional Banjarbakula.
Adapun Bupati Banjar, H Khalilurrahman menjelaskan TPA Banjarbakula tersebut akan terus menerapkan manajemen profesional di bidang pengelolaan sampah.
Dituturkan Bupati Banjar, apresiasi Presiden RI harus disikapi semangat lebih bekerja keras dalam pengelolaan sampah. (MC Kominfo Kab.Banjar/Ags/Man)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?