PT Taspen Gelar Sosialisasi Perlindungan JKK Dan JKM Bagi Non ASN Pemkab Banjar

Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar melaksanakan forum diskusi tahap I dengan agenda Penyusunan Rencana Pembangunan Insfrastruktur pemukiman wilayah Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar.
Forum diskusi tersebut dipimpin langsung kepala Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan Dardjat Widjunarso, di Aula Barakat Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (22/9/2020) pagi.
Diskusi tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman, Kepala Bappedalitbang Banjar Galuh Tantri Narindra, tim konsultan Kementrian PUPR, koordinasi lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah, Perusahaan Listrik Negara, Telkom, Perusahaan Daerah Air Minum dan stakeholder terkait.
Kepala BPPW Kalimantan Selatan Dardjat Widjunarso mengatakan, perlu adanya kerja sama lintas sektor demi perbaikan penataan wilayah Sekumpul kedepannya.
Sehingga dapat diwujudkan kawasan Sekumpul sebagai kawasan religius, dinamis, tertata dan dapat meningkatkan kegiatan religi, sosial dan ekonomi masyarakat.
“Perlu kerja sama pemerintah daerah dengan pihak terkait demi kelancaran penataan kawasan Sekumpul kedepannya dan berharap proses pembangunan bisa tepat waktu sesuai deadline,”ucap dia.
Sementara itu, tim konsultan Kementerian PUPR Taufik menyampaikan pemaparan visi dan misi Penataan Ruang Kawasan Sekumpul di antaranya.
Visi: Mewujudkan tata ruang Sekumpul yang dapat mewadahi berkembangnya kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan yang bertumpu kepada pengembangan ekonomi melalui potensi religi dan potensi kota Martapura.
Misi : Menciptakan kondisi ruang kota yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan potensinya ,dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi khas Martapura yang berdaya saing global.
– Menciptakan kondisi ruang kota yang mampu mewujudkan sinkronisasi antara religi dan ekonomi masyarakat
– Memelihara dan revitalisasi potensi kesejarahan dan religi yang mampu menciptakan kehidupan sosial, ekonomi dan budaya yang berkualitas. (MC Kab.Banjar/Fuad/agusoke/toeb)
[23.10, 22/9/2020] Sarahibramsyah: Martapura,InfoPublik – PT Taspen (Persero) Cabang Banjarmasin mengelar sosialisasi Perlindungan Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.
Sosialisasi dihadiri Branch Manager PT. Taspen Cabang Banjarmasin Elflina Juliati Hutasoit yang didampingi Sekretaris Kabupaten Banjar Mokhamad Hilman, di Aula Barakat Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (22/9/2020).
Branch Manager PT Taspen Cabang Banjarmasin Elflina Juliati Hutasoit mengatakan, karena adanya amanah dari Pemerintah kepada PT Taspen untuk penyelenggaraan perlindungan JKK maupun JKM kepada ASN maupun Non ASN, di mana PT Taspen sebagai wadah yang memberikan perlindungan selama masa kerja.
Non ASN itu seperti pegawai yang tidak terlihat tetapi pekerjaannya dibutuhkan, akan tetapi seringkali yang tidak terlihat ini lupa untuk tercover jaminan sosial mereka.
“Untuk itulah Pemerintah diharapkan memberikan jaminan kecelakaan kerja maupun jaminan kematian untuk pegawai Non ASN dalam hal ini yang bekerja dilingkup Pemkab Banjar,”ucap dia.
Sementara itu, Sekda Banjar HM Hilman menuturkan bahwa PT Taspen memberikan perlindungan kepada karyawannya melalui program-programnya, yaitu program JKK dan JKM yang diberikan untuk Non ASN berdasarkan aturan hukum regulasi yang sudah diatur di PP 70 Tahun 2015 dan PP 49 Tahun 2018, dengan nilai premi yang cukup kecil.
“Kalau kami total JKM 0,72% dan JKK 0,24% kurang lebih 0,69% tidak smpai 1% dipotong dari gajih. Artinya kalau kita liat diangka untuk gajih 1,5 juta untuk SMA sekitar Rp14.000,00 tidak sampai Rp15.000,00 untuk pemotongannya perbulan,“terang dia.
Ia juga menambahkan kedepan kita bisa mendapatkan informasi progam-program yang dilaksanakan PT Taspen untuk menjadi dasar kita melangkah dengan kebijakan yang diambil oleh Pemkab Banjar untuk Pegawai Non ASN yang ikut serta mengabdikan dirinya di Kabupaten Banjar. (MC Kab.Banjar/Zidane /agusoke/toeb)

Source:: INFOPUBLIK

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?