PUSKESMAS HARUS IKUT CERDASKAN MASYARKAT HIDUP SEHAT

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sekda Banjar Ir Nasrunsyah memimpin apel gabungan, dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 54, bertempat di halaman Kantor Bupati. Senin (12/11)
Membacakan pidato Menteri Kesehatan Prof Dr dr Nila Farid Moeloek SpM (K), Nasrun mengatakan, peringatan HKN ke-54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif.
”Mengubah pola hidup kearah promotive – preventif dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri, merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat” katanya.
Puskesmas dan tenaga kesehatan di dalamnya, lanjutnya, harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan upaya promosi perilaku tersebut.

Sehubungan HKN tersebut, sesuai visi misi Kabupaten Banjar tentang kesehatan, Pemkab melalui Dinas Kesehatan telah merelokasi sebanyak 2 puskesmas, rehab total sebanyak 1 puskesmas, renovasi sebanyak 1 puskesmas, penambahan ruangan sebanyak 5 puskesmas.
Dan dalam tahap pembangunan 1 gudang farmasi dan 1 puskesmas serta diserahkan ambulance kepada 5 puskesmas.
Selanjutnya, guna mendukung visi dan misi kesehatan, disaksikan Bupati KH Khalilurrahman, dilakukan penandatanganan MOU antara Dinas Kesehatan Banjar dengan 3 Lembaga Pemasyarakatan, yakni Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Martapura, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIa Martapura dan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIa Karang Intan tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi warga binaan agar berjalan sesuai amanah.
Kemudian 1 Rumah Sakit Ciputra Mitra Hospital tentang layanan HIV/AIDS dan penanggulangan penyakit Tuberculosis (P2 TB) dengan strategi DOTS.
Pada kesempatan tersebut, sesuai dengan program pemerintah melalui puskesmas, pondok pesantren dan sekolah, Bupati sendiri mengucapkan selamat kepada puskesmas yang meraih pancapaian imunisasi MR ≥95%.
”Semoga ini bisa jadi motivasi bagi puskesmas yang lain dan agar anak-anak kita terlindungi dari bahaya penyakit Campak Rubella ini” pesannya.
Dia juga memberikan apresiasinya kepada tenaga kesehatan teladan yang meraih prestasi terbaik di tingkat Kalsel dan kepada dokter internship yang siap menjalankan tugasnya di Kabupaten Banjar selama 12 bulan.
Pada Hari Kesehatan Nasional tersebut, juga dicanangkan Puskesmas Martapura 1 sebagai Puskesmas ramah HIV, yaitu puskesmas dengan layanan terpadu HIV, mengutamakan layanan tanpa stigma dan diskriminasi.

Source:: HUMAS

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X